PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR DAN ASESMEN BERBASIS NUMERASI SMKN 2 TUREN KABUPATEN MALANG

Authors

  • Trianingsih Eni Lestari Universitas Negeri Malang
  • Anita Dewi U Universitas Negeri Malang
  • Slamet Universitas Negeri Malang
  • Ety TDC Universitas Negeri Malang
  • Jamaliatul B Universitas Negeri Malang
  • Rustanto R Universitas Negeri Malang

Keywords:

Modul ajar, Kurikulum Merdeka, Asesmen

Abstract

Kurikulum yang diterapkan di Indonesia saat ini adalah Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan bagi guru untuk menggunakan berbagai perangkat ajar sesuai kebutuhan dan karakteristik peserta didikBegitu juga di SMKN 2 Turen Malang. Di SMK ini masih peralihan kurikulum dari kurikulum belajar SMK 2013 REV  menjadi Kurikulum Merdeka. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah melakukan pelatihan penyusunan modul ajar dan assesmen yang berbasis numerasi bagi guru – guru SMKN 2 Turen Kabupaten Malang. Metode yang diterapkan adalah perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Pada tahapan pelaksanaan meliputi pemahaman, eksplorasi, diskusi, peer teaching dan refleksi kegiatan pelatihan. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan pelatihan ini adalah meningkatnya kemampuan guru-guru SMKN 2 Turen dalam penyusunan perangkat pembelajaran dan asesmen berbasis numerasi terkait sistem kurikulum merdeka.

References

Baker, D. (2018). Numeracy as social practice. Literacy & Numeracy Studies, 8(1), 37–50. https://doi.org/10.4324/9781315269474

Melissa dan Kristanto. 2024. “Profil Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Calon Guru Matematika [Profile Of Prospective Mathematics Teachers’ Numeracy Knowledge].” JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education 8, No 1 June 2024: 116 – 129.DOI: https://dx.doi.org/10.19166/johme.v8i1.8324

Naufal, Ibnu. Menteri Nadiem: Skor Numerasi Meningkat, Bukti Keberhasilan Kurikulum Merdeka.(2024).https://www.inilah.com/menteri-nadiem-skor-numerasi-meningkat-bukti-keberhasilan-kurikulum-merdeka

Wahira, Hasan, dan Hamid, “ Pkm Bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Melalui Pelatihan Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri Berubah”Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat). Volume 1 No.5 ( Oktober 2023): 1215-1221 .

Yahya, Sidin, dan Wahyudi.” Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMK Produktif Kota Makasar”. Jurnal TEKNOVOKASI, Volume 1 No.3 ( September 2023):292-297.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Eni Lestari, T., Anita Dewi U, Slamet, Ety TDC, Jamaliatul B, & Rustanto R. (2024). PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR DAN ASESMEN BERBASIS NUMERASI SMKN 2 TUREN KABUPATEN MALANG . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(03), 831–837. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/479

Issue

Section

Articles