PEMBERDAYAAN LITERASI PAUD MELALUI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI PAUD-TK NURUL CHOTIB AL-QODIRI IV KECAMATAN JOMBANG KABUPATEN JEMBER TAHUN 2022

Authors

  • Luluk Mukaromah IAI Al-Qodiri Jember
  • Evi Maulidah IAI Al-Qodiri Jember

Keywords:

Pemberdayaan, literasi PAUD, manajemen perpustakaan, ABCD, kurikulum merdeka

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan manajemen perpustakaan di PAUD-TK Nurul Chotib Al-Qodiri IV Jombang Jember melalui pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD). Dalam tahap define, topik dan komunitas dampingan ditentukan melalui musyawarah. Tahap discovery mengidentifikasi aset komunitas dan masalah, dengan penekanan pada kurang optimalnya perpustakaan sekolah. Tahap dream merumuskan tujuan untuk meningkatkan kualitas literasi melalui manajemen perpustakaan. Tahap design menyusun strategi, proses pelaksanaan pelatihan, dan pendampingan. Tahap deliver mencakup implementasi, evaluasi, dan penilaian akhir program. Hasil pengabdian menunjukkan adanya perubahan signifikan pada kualitas SDM guru dan pengelola PAUD. Sebelum program, mereka kurang memahami kurikulum merdeka dan manajemen perpustakaan. Setelah program, mereka menjadi lebih paham, kreatif, dan mampu menyusun kurikulum merdeka pada aspek literasi PAUD serta mengelola perpustakaan sekolah dengan lebih baik. Implementasi program berjalan lancar dengan dukungan kolaborasi dari berbagai pihak dan semangat kerja yang baik dari tim pemberdayaan dan komunitas dampingan.

References

Ellysa Aditya Suryawati & Muhammad Akkas , “Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM untuk Satuan PAUD”, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Yayasan Al-Ma’soem Bandung, “Literasi dalam Kurikulum Merdeka”, dalam Literasi dalam kurikulum merdeka (almasoem.sch.id), diakses pada tanggal 03 September 2022 pukul 10:36.

Mutia dan Suparno, “Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh”, dalam Jurnal Obsesi Volume 4 Issue 2 tahun 2020, 972.

Nurul Anam, Buku Pedoman Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Berbasis Asset Based Community Development (ABCD) Tahun Akademik 2019/2020. Jember: LP3M, 2020.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Luluk Mukaromah, & Maulidah, E. (2024). PEMBERDAYAAN LITERASI PAUD MELALUI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI PAUD-TK NURUL CHOTIB AL-QODIRI IV KECAMATAN JOMBANG KABUPATEN JEMBER TAHUN 2022. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(03), 821–830. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/477

Issue

Section

Articles