ROADSHOW KSATRIYA MAHARDIKA: STRATEGI KONSTRUKTIVIS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN TALENTA SISWA
Keywords:
Industri Kreatif, E-Sport, Talenta SiswaAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi peningkatan talenta siswa melalui event Roadshow Ksatriya Mahardika, dengan fokus pada penerapan Teori Konstruktivisme dalam berbagai lomba online yang direncanakan. Event ini mencakup lomba Content Creator, Lokapala Tournament, Shoutcaster Berbahasa Daerah, Song Cover, dan Tari Kreasi. Metode penelitian yang digunakan meliputi kajian literatur, observasi persiapan, dan wawancara dengan pihak penyelenggara dan calon peserta. Hasil proyeksi menunjukkan bahwa event ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan peserta melalui partisipasi aktif. Dengan pendekatan konstruktivisme, peserta diharapkan dapat membangun pengetahuan dan keterampilan baru berdasarkan pengalaman mereka. Selain dampak pada pendidikan, event ini juga diproyeksikan memberikan kontribusi positif pada bidang ekonomi dan kebudayaan. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya penyelenggaraan event kreatif dalam mendukung pengembangan talenta siswa dan memberikan rekomendasi untuk penyelenggaraan event serupa di masa depan.
References
Borobudur, B. O. (no date) Kejuaraan Nasional Game Moba Lokapala "Ksatriya Mahardhika Student Championship 2023 - Badan Otorita Borobudur. Available at: https://bob.kemenparekraf.go.id/333156-kejuaraan-nasional-game-moba-lokapala-ksatriya-mahardhika-student-championship-2023/ (Accessed: 6 June 2024).
Haryanto, H. et al. (2021) ‘Penyuluhan Peluang Industri Kreatif di bidang Game Digital bagi Generasi Muda untuk Siswa SMA Negeri 3 Semarang’, Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), p. 36. doi: 10.33633/ja.v4i1.152.
Hendri (2020) Penggunaan Game Online di Kalangan Siswa (Studi Kasus SMK Al-Hamidiyah Jakarta Barat).
Kamal, M. and Widodo, T. (2018) ‘Perancangan dan Penyelenggaraan Event Seminar Nasional Startup Industri Kreatif Zaman Now Berbasis Digital Business (Tinjauan Aspek Sumber Daya Manusia dan Operasional)’, Journal of Applied Business Administration, 2(1), pp. 116–128.
Ksatriya Mahardhika Resmi Dibuka, Para Pelajar Indonesia Bersiaplah! (no date). Available at: https://lokapala.games/news/ksatriya-mahardhika-resmi-dibuka-para-pelajar-indonesia-bersiaplah (Accessed: 6 June 2024).
Ksatriya Mahardika 2024: Meningkatkan Partisipasi Generasi Muda Melalu Kegiatan Positif Game dan Kepemudaan (no date). Available at: https://m.metaco.gg/berita/ksatriya-mahardika-2024-meningkatkan-partisipasi-generasi-muda-melalu-kegiatan-positif-game-dan-kepemudaan (Accessed: 6 June 2024).
Lokapala Tournament Dalam Ajang Ksatriya Mahardhika Student Championship 2024 - WARTA GLOBAL NASIONAL (no date). Available at: https://www.wartaglobal.id/2024/04/lokapala-tournament-dalam-ajang.html (Accessed: 6 June 2024).
Masgumelar, N. K. and Mustafa, P. S. (2021) ‘Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan’, Ghaitsa: Islamic Education Journal, 2(1), pp. 49–57. Available at: https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188.
Mulyati, T. (2018) ‘Pendekatan Konstruktivisme Dan Dampaknya Bagi Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Sd’, Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, p. 5. Available at: http://journey.maesuri.com.
RRI.co.id - RRI Makassar Menggelar Ksatriya Mahardhika Student Championship 2024 (no date). Available at: https://www.rri.co.id/daerah/661153/rri-makassar-menggelar-ksatriya-mahardhika-student-championship-2024 (Accessed: 6 June 2024).
Siaran Pers: Wamenparekraf: ‘Ksatriya Mahardhika Student Championship 2023’ Perkuat Pengembangan IP Lokal (no date). Available at: https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-wamenparekraf-ksatriya-mahardhika-student-championship-2023-perkuat-pengembangan-ip-lokal (Accessed: 6 June 2024).
Suparlan, S. (2019) ‘Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran’, Islamika, 1(2), pp. 79–88. doi: 10.36088/islamika.v1i2.208.
Waldi, A. (2018) ‘Pembinaan karakter siswa melalui ekstrakurikuler game online e-sports di SMA 1 PSKD Jakarta’, Download.Garuda.Kemdikbud.Go.Id, 2(2), pp. 2580–412. Available at: http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1728403&val=13639&title=Students’ Character Training through Game Online Extracurricular E-Sports in SMA 1 PSKD High School Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vivi Adriana Latif, Suarni Syam Saguni, Ameliah Merdeka Putri, Sri Novi Ramadani, Nur Amalia Hastab, Wika Anggreni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.