EDUKASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENYALUR BERITA DEMI MENIGKATKAN CRITICAL THINKING PADA SISWA SMP ISLAM DARUSSALAM PALANGKA RAYA
Keywords:
Critical Thinking, Media Sosial, Siswa SMPAbstract
Kemajuan teknologi memudahkan aktivitas manusia, termasuk penggunaan media sosial yang sudah menjadi kebutuhan pokok. Namun, penggunaannya belum tentu berdampak positif, terutama bagi siswa SMP yang rentan terhadap berita bohong dan misinformasi. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan pendidikan dan peningkatakan kemampuan berpikir kritis terkait penggunaan media sosial. Pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan edukasi kepada siswa SMP Darussalam Palangka Raya tentang pemanfaatan media sosial sebagai saluran berita dan pentingnya berpikir kritis. Kegiatan ini dilaksanakan melalui seminar dengan materi “Media Sosial : Penyebar Berita”. Hasil menunjukkan bahwa siswa memiliki pemahaman lebih baik tentang media sosial, dampaknya, dan cara menangani berita palsu. Siswa menunjukkan semangat dan mampu menerapkan pengetahuan baru dalam kehidupan sehari-hari. Pelatihan lanjutan dan integrasi literasi digital ke dalam kurikulum diperlukan untuk meningkatkan pemahaman siswa dan melibatkan orang tua dalam upaya mencegah hoaks. Dengan cara ini, literasi digital dan keterampilan berpikir siswa dapat meningkat, mengurangi dampak negatif berita palsu terhadap masyarakat.
References
Fauzi, A. M., Wahyuni, A. T., Chintia, G., Nenci, I. S., Nurwahidah, N., & Sari, P. N. (2023). Edukasi Pencegahan Penipuan Online Berbasis Sosial Media di Desa Mekarwangi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 60–73. https://doi.org/10.37567/pkm.v3i2.1865
Kent, M. L. (2013). Using social media dialogically: Public relations role in reviving democracy. Public Relations Review, 39(4), 337–345. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2013.07.024
Nofatin, N., Sulistyarin, S., & Buwono, S. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(9). https://doi.org/10.26418/jppk.v8i9.35450
Rahmatullah, S., & Dwi Yuliati, R. E. (2022). Media Sosial Sebagai Sumber Berita Altenatif. Jurnal Studi Jurnalistik, 4(2), 47–54. https://doi.org/10.15408/jsj.v4i2.28966
Riki, R., Kremer, H., Suratman, S., Ciptoputra, V. A. A., & Hazriyanto, H. (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PERANAN SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN PROMOSI PRODUK. JURNAL CAFETARIA, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.51742/akuntansi.v4i1.811
Rismana, A., Normelani, E., & Adyatma, S. (2016). PENGARUH JEJARING SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KECAMATAN BANJARMASIN BARAT. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 3(5), Article 5. https://doi.org/10.20527/jpg.v3i5.2299
Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (n.d.). KOMUNIKASI DAN MEDIA SOSIAL.
Siga, W. D., & Seva, K. (n.d.). EFEKTIVITAS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENANGKAL HOAKS. 8(1).
Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (n.d.). AKSIOLOGI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS.
Zulaiha, S., Sagiman, S., & Mutia, M. (2019). EDUKASI LITERASI INFORMASI BAGI ANAK DAN REMAJA UNTUK MEMINIMALISIR PENYALAHGUNAAN MEDIA JEJARING SOSIAL. Jurnal Harkat : Media Komunikasi Gender, 15(2), Article 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hasbuna Nikmah Shalehah, Abdul Syahid, Amaliya Syamsara, Aghnia Assifa Nadia, Maulida Zahrotun Niesrina, Dimitria Rinalgi, Triono Budi Nugroho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.