ADAPTASI BELAJAR PADA PERGURUAN TINGGI BAGI SISWA KELAS XII SMA

Authors

  • Ans Prawati Yuliantari
  • Alberta Makur Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Keywords:

Akreditasi, Kampus, Minat, Program Studi

Abstract

Para siswa kelas XII SMAN 1 Langke Rembong belum mempersiapkan diri secara khusus untuk memilih perguruan tinggi atau program studi yang akan dituju setelah menamatkan sekolah menengah meskipun mayoritas siswa di sekolah mitra berkeinginan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Para siswa belum mendapat informasi tentang pemilihan perguruan tinggi yang sesuai dengan bakat dan minat, dan juga hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih Perguruan Tinggi dan Program Studi. Melalui PkM ini para siswa diperkenalkan pada jenis dan bentuk perguruan tinggi, akreditasi, program studi, pedoman akademik, profil lulusan, tri dharma, kurikulum, kampus merdeka, kegiatan ekstrakurikuler, dan biaya kuliah. Diharapkan dengan motivasi dan informasi yang disampaikan dalam PkM, para siswa lebih siap memasuki jenjang perguruan tinggi dan dapat memilih program studi yang sesuai dengan bakat dan minat sehingga mempermudah mereka menamatkan pendidikan dengan hasil yang memuaskan.

References

Astuti, T. (2021). STRATEGI ADAPTASI BUDAYA MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD TEGAL UNNES DALAM MENGHADAPI PERBEDAAN KEBUDAYAAN. In Jurnal Ilmiah Kependidikan (Vol. 11). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE

Manugas, S. B., T. Pepito, M., S. Fernandez, J. J., & A.Canque, M. (2022). Senior High School Tract as Determinant for College GPA: A Correlational Study. International Journal of Science and Management Studies (IJSMS), 230–234. https://doi.org/10.51386/25815946/ijsms-v5i3p126

Bell, A. D., Rowan-Kenyon, H. T., & Perna, L. W. (2009). College knowledge of 9th and 11th grade students: Variation by school and state context. Journal of Higher Education, 80(6), 663–685. https://doi.org/10.1353/jhe.0.0074

Chidzonga, M. M. (2014). Transition from High School to University: Perspectives of First Year Students at the University of Zimbabwe College of Health Sciences.

Fadillah, A., Tinggi, S., Kesatuan, I. E., & Sujana, S. (2019). Kajian Minat Studi Lanjut Siswa SMA/SMK Kota Bogor ke Perguruan Tinggi. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 3(1), 52–62. https://doi.org/10.31227/osf.io/6ms9z

Garland, M., Laturner, J., Herrera, A. W., Ware, A., & Jonas, D. (2011). Determinants of Developmental Course Enrollment and Second-Year Postsecondary Persistence in Virginia Texas Schools Project.

Hicks, T. (2008). High school to college transition: A profile of the stressors, physical and psychological health issues that affect the first-year on-campus college student. In Article in Journal of Cultural Diversity. http://digitalcommons.uncfsu.edu/soe_faculty_wp/14

Khadijah, S., yang Mempengaruhi Minat Peserta Didik, F., & Indrawati, H. (2017). Analisis Minat Peserta Didik untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 178–188. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpis

Nola, A., Putu Sendratari, L., Gusti Made Arya Suta Wirawan Jurusan Sejarah, I., & dan Perpustakaan, S. (2020). STRATEGI ADAPTASI MAHASISWA UNDIKSHA ASAL JAKARTA DALAM KEHIDUPAN SOSIAL DI KOTA SINGARAJA. In Journal Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Sejarah, Sosiologi dan Perpustakaan (Vol. 2).

Owen, L., Poynton, T. A., & Moore, R. (2020). Student Preferences for College and Career Information. Journal of College Access, 5(1), 67–100.

Kemendikbud. (2020). STATISTIK PENDIDIKAN TINGGI.

Po, Y. (2014). Who Will Success in College? Effect of High School Experience and Socioeconomic Status. International Journal of Chinese Education, 3(1), 30–52. https://doi.org/10.1163/22125868-12340029

Prianggita, M., & Ghofur, M. A. (2021). Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Minat Siswa Sma Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 26. https://doi.org/10.33603/ejpe.v9i1.3519

Samir, S., Sephnath Pinoa, W., & Leuwol, F. S. (2022). Faktor-Faktor Penyebab Siswa Lulusan SMA Tidak Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi pada Siswa Lulusan SMA Negeri 4 Lakudo. Jurnal Pendidikan Geografi Unpatti, 1(1), 99–109.

van Rooij, E. C. M., Jansen, E. P. W. A., & van de Grift, W. J. C. M. (2018). First-year university students’ academic success: the importance of academic adjustment. European Journal of Psychology of Education, 33(4), 749–767. https://doi.org/10.1007/s10212-017-0347-8

Yuliantari, A. P., Lon, Y. S., & Widyawati, F. (2020). Manggaraian People’s Perspective on Migration: A Study of Popular Manggaraian Songs’ Lyrics. MOZAIK HUMANIORA, 20(1), 1. https://doi.org/10.20473/mozaik.v20i1.15681

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Yuliantari, A. P., & Makur, A. (2024). ADAPTASI BELAJAR PADA PERGURUAN TINGGI BAGI SISWA KELAS XII SMA. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(03), 880–889. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/464

Issue

Section

Articles