MEDIA BUKU CERITA BIG BOOK DAN E-BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI PADA ANAK USIA DINI DI IGTKI KECAMATAN JATIASIH BEKASI
Keywords:
Media, Big Book, Anak Usia DiniAbstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan meningkatkan pemahaman guru PAUD wilayah kecamatan Jatiasih mengenai konsep literasi pada anak usia dini yang tepat serta dapat merancang buku cerita big book dan e-book untuk meningkatkan kemampuan literasi secara bertahap dengan tetap memperhatikan karakteristik anak usia dini. Sasaran kegiatan adalah guru dan kepala sekolah Taman Kanak-Kanak (TK), binaan IGTKI Jatiasih yang berjumlah 50 orang. Lokasi pengabdian di laksanakan di Aula Gedung Mesjid Husnul Khotimah Jatiasih Bekasi. Hasil Pengabdian berupa kegiatan workshop Pengembangan Media Buku Cerita Big Book dan e-Book Untuk Meningkatkan Literasi Pada Anak Usia Dini. Manfaat yang signifikan ditunjukan dengan hasil inovasi big book dan e-book memanfaatkan aplikasi canva dan membuat gambar dengan teknologi AI (Artificial Intelegent) menggunakan aplikasi Bing Image Creator untuk menghasilkan buku cerita digital yang menarik. E-Book ini dapat digunakan di satuan pendidikan sebagai salah satu media untuk meningkatkan kemampuan literasi pada anak usia dini
References
Aidil, S. (2018). Aidil Saputra: Pendidikan Anak pada Usia Dini |. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(2), 209. https://core.ac.uk/download/pdf/228822655.pdf
Fahrizandi, F. (2019). Mengenal E-Book Di Perpustakaan. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 3(2), 141–157. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v3i2.141-157
Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197
Idris, M. H. (2016). Karakteristik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 37–43.
Kiromi, I. H., & Fauziah, P. Y. (2016). Pengembangan media pembelajaran big book untuk pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 48. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.5594
Kurniawati, W., Bila, D. S., & Susanto, R. A. (2023). Pendampingan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Pop Up Bookuntuk Guru –Guru Di Kulon Progo. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(6), 1763–1773.
Maya Atri Komalasari, R. H. S. (2024). POJOK BACA “CERIA”: UPAYA PENGEMBANGAN LITERASI PEREMPUAN PESISIR DESA SEKOTONG BARAT. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat)Gembira, 2.
Permatasari, A. N., Inten, D. N., Mulyani, D., & Rahminawati, N. (2017). Literasi Dini dengan Teknik Bercerita. Jurnal FamilyEdu, 3(1), 20–28.
Rahiem, M. D. H., & Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 36. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519
Rosida, Fadiawati, N., & Tri, J. (2018). Efektivitas penggunaan bahan ajar. Jurnal Pembelajaran Fisika, 35–45.
Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 19–28. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28
Triana, M., Sumardi, S., & Rahman, T. (2020). Pengembangan Media Big Book Alfabet Untuk Memfasilitasi Kemampuan Mengenal Huruf Alfabet Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 24–38. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27194
Winarti, W., Akbarjono, A., & Wiwinda. (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Di PAUD Ramadhani Desa Padang Kedeper Bengkulu Tengah. Insan Cendekia, 2(1), 69–75.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Imamah, Ai Sri Nurhayati, Arni Hadiati Natasyah, Lina Marlina, Rosliana Mindaryati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.