BIMBINGAN PERSIAPAN TES TOEFL BAGI SISWA SMA INSAN CENDEKIA SYEKH YUSUF (SMA ICSY) KABUPATEN GOWA
Keywords:
TOEFL Test, Strategies, SMA Insan CendikiaAbstract
Tes kemampuan Bahasa Inggris, dalam hal ini TOEFL, adalah tes kebahasaan yang berstandar internasional guna mengukur kemampuan berbahasa inggris bagi penutur yang bahasa ibunya bukan Bahasa Inggris. Terdapat beberapa kondisi yang mewajibkan seseorang untuk melaksanakan tes TOEFL, salah satu diantaranya adalah untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Salah satu faktor yang penting dalam mengerjakan soal-soal test TOEFL adalah mengetahui strategi, tips dan trik dalam menyelesaikan soal berdasarkan tiga skill dasar. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan trik terkait test TOEFL kepada siswa SMA Insan cendikia Syekh Yusuf (SMA ICSY), yang berada di kabupaten Gowa. Setelah itu siswa akan mencoba mengerjakan soal test TOEFL dengan memanfaatkan strategi dan trik yang disampaikan. Dengan adanya kegiatan ini, siswa SMA Insan cendikia Syekh Yusuf (SMA ICSY) telah memiliki pengetahuan terkait skill Writing, Structure & Written Expression and Reading dan strategi yang ada, yang nantinya dapat diaplikasikan saat mengerjakan soal-soal TOEFL yang sebenarnya.
References
Ang-zie, K. (2020). 14 Exams In Preparation & Practice Test Toefl: Toefl. Genta Group Production.
Hartanto, E. C. S., & Inayati, R. (2016). Strategi Peningkatan Nilai TOEFL Mahasiswa Di Universitas Trunojoyo Madura. 12.
Herwkitar, R., Safryono, D. A., & Haryono, P. Y. (2012). Evaluasi Program Matrikulasi ”TOEFL” Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia 2010/2011. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 1(3), 179. https://doi.org/10.36722/sh.v1i3.67
Kusuma, A. (2020). Practice Test TOEFL & TOEIC. Genta Smart Publisher.
Lubis, L. R., Irmayana, A., & Nurbaidah, N. (2019). Analisis Faktor Kesulitan Mahasiswa IPTS Dalam Menyelesaikan Soal-Soal TOEFL. 8.
Utami, S. S., & Pirmansyah, B. (2018). Peningkatan Skor Test Bahasa Inggris (TOEFL) Melalui Pelatihan Secara Intensif. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2), 36. https://doi.org/10.30651/lf.v2i2.1477
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitri Radhiyani, Nurdin Noni, Lely Novia, Yunita Mustikawati, Miftahurrahmah Burhamzah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.