PELATIHAN MENJADI GURU YANG AKTIF, KREATIF DAN MENGINSPIRASI DI TK IT VINCA ROSEA TAHFIZH INTERNATIONAL

Authors

  • Yusra Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe
  • Russy Ranggayoni Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe
  • Rahmiaty Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe
  • Nisrina Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

Keywords:

Guru PAUD, Aktif, Kreatif, Inspiratif

Abstract

Pentingnya menjadi guru yang aktif, kreatif, dan inspiratif menuntut perguruan tinggi berperan aktif dalam melaksanakan pengabdian untuk berperan aktif dalam menyebarluaskan teori-teori terbarukan menjadi guru yang aktif, kreatif, dan inspiratif. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru anak usia dini agar menjadi guru yang aktif, kreatif, dan inspiratif. Kegiatan ini sejalan dengan Tri Dharma perguruan tinggi untuk memberikan kesempatan untuk menyebarkan pengetahuan yang terbarukan untuk menjadi guru yang aktif, kreatif, dan inspiratif yang dilaksanakan di TK IT Vinca Rosea Tahfizh Internasional di kota Lhokseumawe. Kegiatan ini dilaksanakan melalui teori dan praktek sehingga hasil pengabdian ini dapat menambah keterampilan guru menjadi lebih aktif, kreatif dan inspiratif.

References

Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.

Durisa, A. I., Istiningsih, S., & Widodo, A. (2022). Menciptakan Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan Di Sekolah Dasar. Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 55–63. https://doi.org/10.47178/elementary.v5i2.1678

Fauziah, N. S., & Sahlani, L. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Islamic Journal of Education, 2(1), 21–30. https://doi.org/10.54801/ijed.v2i1.172

Inan, T. (2016). Eksistensi Guru Sebagai Pribadi yang Profesional dan Inspiratif. 2(2), 1–23.

Kusuma, T. C. (2022). Pengaruh Pendekatan Proyek terhadap Berpikir Kritis Anak Kelompok B di TKIT Adzkia I Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 4588–4600.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Wulandari, H., & Nisrina, D. A. Z. (2020). Hubungan Kreativitas Dan Inovatif Guru Dalam Mengajar Di Kelas Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 345–354. https://doi.org/10.5281/zenodo.8242365

Downloads

Published

2024-04-15

How to Cite

Yusra, Russy Ranggayoni, Rahmiaty, & Nisrina. (2024). PELATIHAN MENJADI GURU YANG AKTIF, KREATIF DAN MENGINSPIRASI DI TK IT VINCA ROSEA TAHFIZH INTERNATIONAL. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 524–532. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/443

Issue

Section

Articles