PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB INGGRIS; PESANTREN HAYATINNUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL
Keywords:
Pendampingan, Arab Inggris, Pesantren Hayatinnur, Metode DrillAbstract
Tujuan pendampingan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa inggris dan arab. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini adalah metode drill. Pesantren Hayatinnur sudah menggunakan metode ini untuk mengajar bahasa asing, Namun, kegiatan ini belum maksimal, Sebagian besar santri cendrung tidak menggunakan kosakata Arab dan Inggris yang diberikan. Sebagian besar santri mengalami kesulitan dalam memasukan dalam kalimat. Koreksi terhadap kesalahan berbahasa masih belum maksimal.Tujuan pendampingan ini adalah untuk mengembangkan metode drill yang sudah ada pada pembeljaran bahasa Inggris Arab dilingkungan pondok pesantren anak Hayatinnur. Oleh karena itu, kegiatan pendampingan ini berlangsung dari 13 Februari hingga 16 Maret 2024 oleh team abdimas Unindra, dengan mengkelompokan kosa kata sesuai tema dan membentuk personil bahasa dari para santri kemudian mencari program pendudkung bahasa seperti wajibnya percakapan bahasa Inggris dan arab setiap hari sabtu, pemutaran video bahasa inggris dan arab, mencari perlombaan bahasa dan pendukung lainnya.
References
Amaniarsih, Dwi Suci, and Lala Din Arsita. “Tips Menguasai 4 Keterampilan Dalam Bahasa Inggris.” JURDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar 2, no. 1 (2023): 149–155.
Anggraini, Aulia Sifa Putri. “Efektivitas Metode Drill Dan Kegiatan Muhadatsah Muhadhoroh Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa Arab.” MUMTAZA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic And Literature 3, no. 1 (2023): 58–66.
Baharuddin, Ilham, Kartini, and Jufriadi. “Sistem Pembelajaran Bahasa Asing Di Pondok Pesantren Nur El Haq Komba Kabupaten Luwu.” Kelola: Journal of Islamic Education Managemen 4, no. 2 (2023): 191–208.
Elkarimah, Mia Fitriah. “Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Kitab Ala La Di Pondok Pesantren Hayatinnur Bekasi.” Ilma Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2022): 50–59.
Elkarimah, Mia Fitriah, and Zainal Arifin Madzkur. “Pembinaan Karakter Santri Pondok Tahfidz Hayatinnur Melalui Kitab Akhlakul Lil Banin Jilid 1.” Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat 6, no. 1 (2023): 71.
KHIZANATURROHMAH. “Manajemen Pembelajaran Pondok Pesantren (Studi Di Pondok Pesantren Puteri Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes).” Program Magister Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2016. https://revistas.ufrj.br/index.php/rce/article/download/1659/1508%0Ahttp://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/qre/article/view/1348%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500799708666915%5Cnhttps://mckinseyonsociety.com/downloads/reports/Educa.
Kholid, Nur, Doni Sastrawan, and Fuad Buntoro. “Problematika Interaksi Siswa Dalam Penggunaan Bahasa Arab Dan Inggris Di Pondok Pesantren.” JRPP: Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 6, no. 4 (2023): 8–13.
Manurung, Purbatua. “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Dan Bahasa Inggris Pada Pondok Pesantren Raudhatul Hasanah Paya Bundung Medan.” Al-Irsyad 10, no. 1 (2020): 107.
Mia Fitriah El karimah, and Leni Tiwiyanti. “Pkm Pendampingan Sd It Bina Insani Muslim; Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.” Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat) 1, no. 5 (2023): 1172–1179.
Muwaffaq, Muhammad Nabiel, and Muhammad Hanifudin Azis. “Inovasi Metode Pembelajaran Bahasa Arab Di Lembaga Kursus Bahasa Arab Al Azhar Pare , Kediri.” Jurnal Dampar Pasca Sarjana Univ Islam Tribakti Lirboyo 01, no. 01 (2023): 263–272.
Syafe’i, Imam. “PONDOK PESANTREN: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2017): 61.
Zainollah1, Ali Ridho2. “Pendidikan Bahasa Asing Di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan.” Kariman: Jurnal Pendidikan dan Keislaman 09, no. Juni (2021): 85–102. https://www.jurnalinkadha.org/index.php/kariman/article/view/172.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mia Fitriah Elkarimah, Leni Tiwiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.