PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA SDN 8 SAWARU, DESA SAWARU, KECAMATAN CAMBA, KABUPATEN MAROS

Authors

  • Andi Fatimah Yunus Universitas Negeri Makassar
  • Suci Ramadhany Universitas Negeri Makassar
  • Nur Annisa Ramadhani Universitas Negeri Makassar
  • Zahra Salzabilah Mahmud Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Keterampilan, Menyimak, Media Gambar

Abstract

Keterampilan menyimak merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa agar mereka mampu memahami materi yang disampaikan baik secara lisan, maupun secara tertulis. Berdasarkan hasil observasi di Kelas VI SDN 8 Sawaru Kecamatan Camba Kabupaten Maros diketahui bahwa kemampuan siswa dalam menyimak masih kurang. Siswa merasa kurang fokus dalam menyimak sehingga mereka tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan.  Oleh karena itu, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Daerah melakukan kegiatan pelatihan untuk melatih siswa Kelas IV SDN Sawaru dalam menyimak menggunakan metode gambar. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa keterampilan menyimak siswa Kelas IV SDN Sawaru mengalami peningkatan. Hal ini didasarkan pada hasil post test menunjukkan peningkatan keterampilan siswa dalam menyimak, yaitu berada pada kategori mampu.

References

Halim, Amran, et al. 1974. Ujian Bahasa, Bandung: Ganaco NV.

Junus, Andi Muhammad dan Andi Fatimah Junus. 2011. Keterampilan Berbahasa Lisan. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Moeliono, Anton M. (Peny.). 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. 4. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tarigan, Henry Guntur. 1983. Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.

Downloads

Published

2024-04-15

How to Cite

Andi Fatimah Yunus, Suci Ramadhany, Nur Annisa Ramadhani, & Zahra Salzabilah Mahmud. (2024). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA SDN 8 SAWARU, DESA SAWARU, KECAMATAN CAMBA, KABUPATEN MAROS. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 509–516. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/441

Issue

Section

Articles