PENGUATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MADRASAH PADA KURIKULUM MERDEKA: BIMTEK PELATIHAN TINDAK LANJUT HASIL AKMI TINGKAT MADRASAH

Authors

  • Intan Sari Rufiana Universitas Negeri Malang
  • Agus Harianto SDN Gupolo, Ponorogo
  • Slamet Arifin Universitas Negeri Malang

Keywords:

BIMTEK, , Tindak Lanjut Hasil AKMI, , Literasi Numerasi

Abstract

Program Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) dirancang oleh Kementerian Agama ditujukan untuk mendiagnosis perkembangan hasil pembelajaran siswa melalui pengujian. Dalam rangka memberikan tindak lanjut pembacaan hasil AKMI dan untuk meningkatkan wawasan, pemahaman serta ketrampilan diperlukan kegiatan BIMTEK kepada guru.  Kegiatan BIMTEK Pelatihan Tindak Lanjut Hasil AKMI ini adalah kegiatan yang bertujuan untuk guru agar dapat mengetahui sejauh mana kompetensi siswanya dan mampu merancang pembelajaran yang sesuai dengan tindak lanjut hasil AKMI. Adapun metode yang digunakan adalah Community Based Research (CBR). Mitra yang terlibat dalam kegiatan pengabdian ini adalah kelompok guru yang ada di Kabupaten Cirebon. Pengumpulan data dilakukan dengan penugasan, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil analisis angket didapat bahwa kegiatan BIMTEK Tindak Lanjut Hasil AKMI bermanfaat bagi penguatan kompetensi pedadogik guru Madrasah khususnya pada implementasi kurikulum merdeka.Peserta menyatakan bahwa waktu yang digunakan efisien, instruktur sangat membantu, instruktur menunjukkan pengetahuan yang memadai, instruktur merespon pertanyaan, bahasa yang digunakan mudah dipahami, materi yang disajikan sesuai dengan tujuan/tema, tema/tujuan disampaikan dengan jelas dengan rata-rata nilai 4.58 dari rentang nilai 1-5. Rata-rata nilai tugas peserta BIMTEK adalah 80. Peserta juga konsisten hadir dimana persentase kehadiran setiap sesi lebih dari 90%. Hal ini juga diperkuat dengan keaktifan peserta BIMTEK dimana nilai keaktifan peserta BIMTEK adalah 88.4. Terdapat masukan dan komentar dari guru diantaranya adalah terkait dengan waktu pelaksanaannya yang sebaiknya tidak bersamaan dengan agenda kegiatan belajar mengajar di sekolah. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi pihak penyelenggara agar ke depannya memformat kegiatan BIMTEK Tindak Lajut Hasil AKMI ini melalui kegiatan luring agar pelaksanaannya dapat lebih maksimal.

References

Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Burns, J. C., Cooke, D. Y., & Schweidler, C. (2011). A short guide to community based participatory action research. Los Angeles: Advancement Project, Healthy City.

Irma, Rafiqa, Danial, M., & Barat. (2022). Online and Offline English Learning Systems: Perceptual from Teachers and Students. Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 13–23. https://doi.org/10.46870/lets.v4i1.346

Kemdikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kusno., Wiyan, N. A., & Setiyani, M. Y. (2022). Peran KKG dalam Penguatan Kompetensi Profesional Guru SD di Gugus Diponegoro Korwilcam Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karangmoncol Purbalingga. JK: Jurnal Kependidikan, 10(1).

Ludyasari, S. . (2022). Perbandingan Efektifitas Pembelajaran Daring dan Luring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA Negeri 1 Pujut Kabupaten Lombok Tengah di Masa Pandemi Covid-19.

Mamoh, O., & Bete, H. (2019). Pengembangan Diri Guru-Guru Matematika Se Kabupaten Timor Tengah Utara Melalui Kegiatan Bimtek Penulisan Proposal dan Artikel Ilmiah. Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 49–57.

Marhum, M., Suriaman, A., & Rofiqoh, R. (2022). Students ’ achievement between online and offline English learning Students ’ achievement between online and offline English learning. Jurnal Pendidikan, Sains, Sosial Dan Agama, 8(2), 2–10. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i2.515

Putra, M. R. C., & Windasari. (2022). Optimalisasi Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(2).

Yuliati, A. D. (2023). Perbandingan Efektifitas Pembelajaran Daring dan Luring Pada Mata Pelajaran Desain Busana. Jurnal Online Tata Busana, 12(1), 1–8.

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Rufiana, I. S., Agus Harianto, & Slamet Arifin. (2023). PENGUATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MADRASAH PADA KURIKULUM MERDEKA: BIMTEK PELATIHAN TINDAK LANJUT HASIL AKMI TINGKAT MADRASAH. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 294–303. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/44

Issue

Section

Articles