PENDAMPINGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MENULIS TEKS TANGGAPAN DENGAN BANTUAN METODE SUGESTOPEDIA

Authors

  • Cahyo Hasanudin IKIP PGRI Bojonegoro
  • Ayu Fitrianingsih IKIP PGRI Bojonegoro
  • Meiga Ratih Tirtanawati IKIP PGRI Bojonegoro
  • Bintang Puspita Sari IKIP PGRI Bojonegoro
  • Nabila Ulfaida IKIP PGRI Bojonegoro
  • Dwi Setiawan IKIP PGRI Bojonegoro
  • Ali Noeruddin IKIP PGRI Bojonegoro

Keywords:

Siswa SMP, Teks Tanggapan, Sugestopedia

Abstract

Teks tanggapan merupakan jenis tulisan yang mengemukakan opini, pendapat, atau tanggapan pribadi terhadap suatu topik atau teks yang telah dibaca. Kemampuan dalam menulis teks tanggapan penting sekali dimiliki oleh siswa sekolah menengah pertama. Oleh karena itu, tujuan dalam pengabdian ini adalah ingin melakukan pendampingan kepada siswa sekolah menengah pertama dalam menulis teks tanggapan dengan bantuan metode suggestopedia. Metode pelaksanaan pengabdian ini dimulai dari prapengabdian, kegiatan inti, dan pascapengabdian dengan melibatkan seluruh kelas IX siswa SMP MBS Al-Amin Bojonegoro. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa metode suggestopedia di dalam pembelajaran menulis teks tanggapan dapat dimulai dengan langkah 1) ice breaking, 2) tahap konser awal, 3) tahap konser akhir, dan 4) praktik. Simpulan di dalam penelitian ini adalah keempat langkah ini terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, membangun keyakinan siswa, mengulang materi dengan suasana santai, dan memberikan kesempatan praktik dalam menulis teks tanggapan

References

Ambarningsih, D. (2014). Peningkatan hasil belajar menulis puisi bebas melalui metode suggestopedia. Journal of Elementary Education, 3(2), 14-20. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/3694.

Andayani, A. (2015). Problema dan Aksioma dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Dinamaryati, D. (2021). Penerapan pendekatan pembelajaran berbasis genre dengan media Pembelajaran kartu topik untuk meningkatkan prestasi belajar Siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menyusun teks tanggapan di SMPN 4 Bolo kelas IX-3 semester I tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 328-339. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.57.

Eduka, T. K. (2022). Bestie Book Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII, VIII, IX. Jakarta Selatan: Cmedia.

Fauziya, F., & Saefuloh, H. (2018). Pengaruh penggunaan metode sugestopedia dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Jamblang. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 7 (1), 59-77. http://dx.doi.org/10.24235/ibtikar.v7i1.3067.

Firdawati, L. (2021a). Efektivitas Metode Suggestopedia Menggunakan Musik Klasik terhadap Minat Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 01 Lebong. Purwokerto: CV. Tatakata Grafika.

Firdawati, L., dkk. (2021b). Jurnal PTK-PTS Benteng Lebong. Purwokerto: CV. Tatakata Grafika.

Frensivitasari, A., Ariesta R., & Kurniawan, R. (2020). Kemampuan menulis teks tanggapan berdasarkan film pendek siswa kelas IX SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(3), 276-283. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.12999.

Ginting, J. B., Kusmana, A., & Sinaga, A. (2023). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam menulis teks tanggapan biografi siswa kelas VII SMP di Kota Jambi. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(3), 231-242. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i3.10109.

Isodarus, P. B. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan Sintesis, 11(1), 1-11. https://doi.org/10.24071/sin.v11i1.927.

Izzan, A. (2008). Metodologi Pembelajaran Bahasa Inggris. Bandung: Humaniora.

Julika, R. (2022). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran sugestopedia terhadap keterampilan menulis teks puisi. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia , dan Pengajarannya, 15(2), 72-79. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v15i2.885.

Kusumaningtyas, D. I., Kumalasani M. P., & Maulidia V. N. (2022). Keterampilan pengelolaan kelas mahasiswa PGSD pada praktik mengajar di sekolah dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(2), 186-201. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i2.22926.

Lensun, S. F. (2022). Strategi dan Berbagai Metode Pembelajaran Bahasa Jepang. Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media.

Mardilah, M. (2022). Belajar Bahasa Indonesia. Nusa Tenggara Barat: Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya.

Maruti, E. S., & Fitriani, W. A. C. (2022). Proyek Keterampilan Menulis Berbahasa Jawa. Magetan: CV. Ae Media Grafika.

Munawaroh, S., & Yuniseffrendi, Y. (2022). Penerapan metode suggestopedia untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam debat pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X MAN 1 Ponorogo. Bapala, 9(7), 86-94. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/47616/39759.

Muslihun, M., Maulida, A., Adawiyah, S. R., Arrohman, D. A., Yusrina, F., Fitriyah, I., Listiyaningtyas, N., Ayusari, N., & Putri, E. A. (2019). Xplore Ulangan Harian. Jakarta: PT. Grasindo.

Mustika, D. (2022). Model-Model Pembelajaran IPA SD dan Aplikasinya. Sumatera Barat: Penerbit Mitra Cendekia Media.

Muthmainannah, M., La'Biran, R., & Mastia, M. (2018). Peningkatan hasil belajar menyusun teks tanggapan kritis dengan menggunakan metode critical thinking. Prosiding Seminar Nasional, 3(1), 24-31. https://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/820.

Rachmat, E. (2019). Buku Siswa Bahasa Indonesia. Depok: Penerbit Duta.

Raharjo, R. J. H., & Wirawan, A. D. (2023). Pelatihan digital marketing kepada UMKM di Kelurahan Bendo melalui metode sugestopedia. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(3), 2017-2023. http://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i3.1292.

Rahayu, W. W. (2021). Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini. Garut: Mobidu Publisher.

Ramadhan, D. (2023a). Pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode sugestopedia di kelas 10 MA Assa'adah Jamanis Tasikmalaya. Jurnal Diksatrasia, 7(1), 1-8. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia/article/view/8229.

Ramadhan, D. (2023b). Pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode suggestopedia di kelas 10 MA Assa'adah Jamanis Tasikmalaya. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i1.8229.

Rustan, E., & Bahru, M. S. (2018). Penguatan self confidence dalam pembelajaran matematika melalui metode suggestopedia. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 6(1), 1-14. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/282.

Sumadyo, B., Octavita, A. I., Ulfa, R. N., & Alam, B. P. (2022). The effectiveness of applying suggestopedia method towards reading skill. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 42-49. https://doi.org/10.30998/jh.v6i1.1008.

Ulwiyah, N., & Sariroh, N. (2018). Penerapan metode suggestopedia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MIN Rejoso Peterongan Jombang. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 24-38. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/1901.

Wahid, A., Padang, R., & Tamba, S. (2021). Efektivitas metode suggestopedia dalam meningkatkan hasil belajar fiqih siswa kelas VII MTS Al-Washliyah Gedung Johor Medan. Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Riset, 1(2), 56-63. https://jurnaltest.uisu.ac.id/index.php/jparis/article/view/4254.

Wibowo, B. S. (2022). Metode suggestopedia: Alternatif metode pembelajaran bahasa Arab di perguruan tinggi. Journal and Teacher Education, 3(2), 160-169. https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3302.

Wibowo, H., & Hendriyani, L. (2018). Materi Umum Bahasa Indonesia SMP. Depok: Puri Cipta Media.

Wicaksono, A., Syaefudin, M., Qalbi, R., Nasir, M., Anaktototy, K., Biduri, F. N., Nurhasanah, N., Arfani, S., dkk., (2015). Teori Pembelajaran Bahasa (Suatu Catatan Singkat). Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.

Widarsih, O., Hamzah, S., & Yulistio, D. (2018). Perbedaan kemampuan menulis teks tanggapan kritis siswa kelas IX SMPN 3 Bengkulu Utara dengan siswa kelas IX SMPN 10 Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah Korpus, 2(1), 83-92. https://doi.org/10.33369/jik.v2i1.5560.

Yulianti, R. (2022). Penggunaan media pembelajaran balon kalimat pada materi membaca teks tanggapan Kelas IX masa pandemi COVID-19 di SMPN 1 Sukaresik. Jurnal Diksatrasia, 6(1), 50-64. http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i1.6469.

Downloads

Published

2024-04-15

How to Cite

Cahyo Hasanudin, Ayu Fitrianingsih, Meiga Ratih Tirtanawati, Bintang Puspita Sari, Nabila Ulfaida, Dwi Setiawan, & Ali Noeruddin. (2024). PENDAMPINGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MENULIS TEKS TANGGAPAN DENGAN BANTUAN METODE SUGESTOPEDIA. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 367–380. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/436

Issue

Section

Articles