PENDAMPINGAN PROSES PEMBUATAN KARYA SENI RUPA BAGI CALON GURU MI
Keywords:
Pendampingan, Pembuatan, Karya, Seni RupaAbstract
Kebijakan pemerintah dalam kurikulum merdeka bahwa setiap guru lulusan Prodi PGSD di seluruh Indonesia harus mumpuni dalam bidang kesenian, baik Seni Rupa, Seni Musik, Seni Tari, dan Seni Teater. Mahasiswa PGMI sebagai calon guru MI pada masa yang akan datang harus membimbing siswa MI untuk mengeksplorasi dan bereksperimen membuat karya seni rupa. Untuk mengetahui dan paham berbagai prosedur dasar sederhana untuk berkarya seni rupa maka diperlukan pendampingan proses pembuatan karya seni rupa. Metode yang dipergunakan dalam pelaksanaan pendampingan proses pembuatan karya seni rupa bagi calon guru MI ini meliputi: ceramah/pemaparan materi, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan karya dan presentasi hasil karya. Hasil dari pendampingan yaitu mampu memahami konsep dari pembuatan karya seni rupa. dan mampu mengembangkan kreatifivitas dalam membuat sebuah karya seni rupa
References
Dayanti, Z. R. (2021). Pengembangan bahan ajar elektronik flipbook dalam Pembelajaran Seni Rupa Daerah siswa kelas V di Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(5), 704-711. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/8187
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kemendikbudristek (2022). Kurikulum Merdeka. Diakses melalui https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kemendikbudristek (2022). Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Diakses melalui https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/capaian-pembelajaran
Hardiyanti, S. A., Ermawati, E. A., Yustita, A. D., Rusadi, T. M., & Ulfiyati, Y. (2022). Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh Dan Pembuatan Website Berbasis Kurikulum Merdeka Di SDN 5 Karangsari. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(3), 274-281. https://doi.org/10.46306/jub.v2i3.92
Indriyanti, P., & Sari, D. I. P. . (2021). Eksplorasi Karya Seni Rupa 3 Dimensi Berbasis Lingkungan Pada Mata Kuliah Seni Rupa Dan Kerajinan Di PGSD Ust Yogyakarta. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 5(2), 639–646. https://doi.org/10.30738/tc.v5i2.11404
Istiqomah, I. N., Yuliyatin, Y., & Mahmudah, I. (2023). Kegiatan Ekstrakurikuler Mewarnai dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Kelas I MIN 2 Kota Palangka Raya. Jurnal Riset Rumpun Seni, Desain dan Media, 2(1), 92-97. https://prin.or.id/index.php/JURRSENDEM/article/view/1079
Komala, I., & Nugraha, A. (2022). Pendidikan Seni dan Kurikulum Merdeka Belajar: Tuntutan bagi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 4(3), 122-134. DOI: https://doi.org/10.52005/belaindika.v4i3.114
Marlina, T. (2022). Urgensi Dan Implikasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi (Vol. 1, No. 1, pp. 67-72). https://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snpe/article/view/24
Salam, S. (2003). Menelusuri Tujuan Pendidikan Seni Rupa Di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9 (040), 76-94. http://eprints.unm.ac.id/3860/
Sari, S. P., & Pamungkas, J. (2022). Penerapan Pembelajaran Seni Rupa Berbasis Agama Islam Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7253-7263. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2872
Sumanto, (2011). Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar. Malang: FITK Unuversitas Negeri Malang.
Utami, A., Soeprayogi, H., & Azis, A. C. K. (2020). Pembuatan Kerajinan Bunga Berbahan Kulit Jagung Ditinjau dari Prinsip-prinsip Seni Rupa dan Kerajinan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(1), 260-264. DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v3i1.282
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Istiyati Mahmudah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.