TATANEN DI BALE ATIKAN SMPN 3 CIBATU PURWAKARTA TEKNOLOGI BENIH "GERMINATION OF SEED"

Authors

  • Sheli Mustikasari Dewi Universitas Sali Al-Aitaam

Keywords:

Perkecambahan, Biji, Siswa

Abstract

Pertanian merupakan sektor potensial untuk dikembangkan di Indonesia. Minat generasi muda terhadap sektor pertanian perlu ditingkatkan melalui suatu metode pembelajaran aplikatif berbasis teknologi di bidang pertanian melalui praktek langsung. Metode pelaksanaan dilakukan dengan cara penyuluhan tentang perkecambahan biji dan praktek mengecambahkan biji di dalam kelas sekolah selama 1 hari. Analisis data dilakukan dengan metode pretest dan posttest untuk menentukan pengetahuan dan minat terhadap perkecambahan biji. Hasil penyuluhan dan praktek di dalam kelas menujukkan bahwa terjadi peningkatan nilai pengetahuan dan minat siswa-siswi terhadap perkecambahan biji di lingkungan sekolah.

References

Anwarudin, O., Yoyon, H. (2018). The Role of Farmer-to-Farmer Extension as a Motivator for The Agriculture Young Generation. International Journal of Social Science and Economic Research, 03(01): 428–37.

Faisal, Ismadi, Rafli, M. 2022. Upaya Peningkatan Performa Perkecambahan Benih Dalam Pengujian Di Laboratorium Melalui Perancangan Alat Pengecambah Benih Yang Ideal. Jurnal Agrium Vol. 19, No.1: 9-17.

Mardiyana, F., Dhimas, C., Ramadhan, A., Puspita, R. D., Putra, Z. A. P., & Sumarmi. (2021). Pengenalan Bercocok Tanam Hidroponik Sederhana System Sumbu ( Wick System ) bagi Anak Usia SD Kelas 4-6. Magistrotum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(3), 407–416.

Setianingsih, R. ., Putra, R. ., & Rahmannita, N. 2023. Kembangkan Pembibitan Tanaman Sayur Guna Mempercepat Pembangunan Di Bidang Ketahanan Pangan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4): 7213–7217.

Downloads

Published

2024-02-15

How to Cite

Sheli Mustikasari Dewi. (2024). TATANEN DI BALE ATIKAN SMPN 3 CIBATU PURWAKARTA TEKNOLOGI BENIH "GERMINATION OF SEED". Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 349–356. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/420