MENINGKATKAN KESADARAN DAN PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH UPTD SMP NEGERI 8 PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Rina Octavia Simarmata Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Shinta Sihombing Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Emalisa Oktaviani Keliat Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Mona Emelia Pardosi Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Dedi Agustiawan Lumban gaol Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Rosa Linda Siregar Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Desy Anzelina Silaen Universitas HKBP Nommensen Medan

Keywords:

Devotion, Literay, Read., Pengabdian, , Literasi, , Baca

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melakukan perubahan dan dampak yang baik bagi siswa, seperti meningkatnya kualitas literasi dan numerasi yang berkaitan dengan keterampilan membaca siswa, dan meningkatnya kualitas belajar perkalian, pembagian, pengurangan dan penjumlahan, yang mewadahi kegiatan bermain sambil belajar, memfasilitasi ruang baca, melakukan pendampingan belajar serta dan membantu beradaptasi di ruangan perpustakaan. Masing-masing peserta didik terlihat antusias dan sungguh-sungguh dalam pelaksanaan kegiatan. Peserta didik juga terdorong untuk aktif dan terdorong dirinya untuk memacu semangat dan motivasi belajar. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada SMP Negeri 8 Pematang Siantar adalah metode belajar kelompok. Metode belajar kelompok menitikberatkan kepada interaksi antara siswa dengan siswa lainnya dalam menyelesaikan tugas tugas secara bersama sama yang dibimbing oleh mahasiswa pengabdian kepada masyarakat.

References

Teale, William, & Sulzby, Elizabeth. (1986). Emergent literacy: Writing and Reading. Norwood, NJ: Ablex Publishing Corporation.

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 2011. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi IX.

Global Media and Information Literacy Assessment Framework: Country Readiness and Competencies. (2013). Paris: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Akbar, Aulia. "Membudayakan literasi dengan program 6M di sekolah dasar." Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 3, no. 1 (2017): 42-52.

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi melalui model blanded learning pada siswa kelas v sd kota singaraja. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269-283.

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Rina Octavia Simarmata, Sihombing, S., Emalisa Oktaviani Keliat, Mona Emelia Pardosi, Dedi Agustiawan Lumban gaol, Rosa Linda Siregar, & Desy Anzelina Silaen. (2023). MENINGKATKAN KESADARAN DAN PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH UPTD SMP NEGERI 8 PEMATANG SIANTAR. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 280–285. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/42

Issue

Section

Articles