PENDAMPINGAN OPTIMALISASI BUDAYA LITERASI SISWA DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA DAN MENULIS DI SMA NEGERI 1 SRONO BANYUWANGI

Authors

  • Siti Nur Afifatul Hikmah Universitas KH. Mukhtar Syafaat (UIMSYA) Blokagung
  • Handariyatul Masruroh Universitas KH. Mukhtar Syafaat (UIMSYA) Blokagung

Keywords:

Budaya Literasi, Membaca, Menulis

Abstract

Literasi merupakan langkah awal dalam proses pengembangan, inovasi, dan pembelajaran keterampilan dasar. Adapun tujuan budaya literasi yaitu ketika siswa membaca dengan bebas atau karena pilihan, mereka membaca dengan  hati. Siswa yang terbiasa membaca akan terus mempertahankan kebiasaan itu. Sekolah merupakan  lembaga yang bertanggung jawab menciptakan budaya membaca dan menulis yang merupakan bagian penting dalam kegiatan pembelajaran. Adapun  pendekatan Asset   Based   Community   Development (ABCD). Tujuan penelitian  menggunakan  metode  ABCD  ini  yaitu  sebagai  upaya  dalam  meningkatkan siswa berliterasi  membaca dan menulis. Metode pendampingan   ini   menggunakan   pendekatan Asset   Based   Community  Development (ABCD)  menjadi  salah  satu  metode  strategi  pelaksanaan  pengembangan  di  lingkungan sekolah. Bagi siswa, literasi di sekolah merupakan hal yang positif. Keterampilan membaca dan menulis yang baik memungkinkan siswa memahami pengetahuan yang diberikan serta pengetahuan yang diterimanya, baik dalam format lisan, tulisan, maupun visual.

References

Afifatul Hikmah, S. N., & Lathifatul Insaniyah, A. (2023). Pemberdayaan Pemuda melalui Wirausaha Sablon Kaos untuk Meningkatkan Perekonomian Desa Bangsring Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi. Santri: Journal of Student Engagement, 2(2), 8–17. https://doi.org/10.55352/santri.v2i2.557

Andrijono, D., Ngudiana, G., & Zamroni, M. H. (2024). Penyuluhan Revitalisasi Pos Baca Sebagai Upaya Meningkatkan Budaya Literasi Bagi Masyarakat. 5(1), 461–471.

Gunawan, A. (2023). Optimalisasi Program “ Taman Bacaan d an Mengaji ” Guna Meningkatkan Budaya Literasi Masyarakat Pedesaan. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 8(1), 33–41.

Komalasari, A. S., & Riani, D. (2023). Edukasi Manfaat Literasi Membaca dan Menulis di SMK PGRI 3 Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Uika Jaya, 1(2), 82–92.

Rokmana, R., Endah Noor Fitri, Dian Fixri Andini, Misnawati Misnawati, Alifiah Nurachmana, Ibnu Yustiya Ramadhan, & Syarah Veniaty. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129–140. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.960

Simamora, N., Manurung, A. A., Sinaga, Y. B., Siregar, E. A. R., Manurung, R. G. H., Herman, & Br Sinaga, J. A. (2023). Analisis Budaya Literasi dalam Mengembangkan Minat Membaca di Sekolah Dasar Negeri 154500 Aek Tolang. Journal on Teacher Education, 4(3), 196–203.

Downloads

Published

2024-02-15

How to Cite

Hikmah, S. N. A., & Masruroh, H. (2024). PENDAMPINGAN OPTIMALISASI BUDAYA LITERASI SISWA DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA DAN MENULIS DI SMA NEGERI 1 SRONO BANYUWANGI. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 325–331. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/417