STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PROMOSI PARIWISATA BANYUWANGI DI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN BANYUWANGI

Authors

  • Rahmi Maulida Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Sasi Syawalatu Choir Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Nadia Azalia Putri Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Keywords:

Content Based Approach, Strategi

Abstract

Pariwisata menjadi salah satu sektor yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu daerah. dengan pemasaran digital menjadi salah satu alat penting dalam meningkatkan promosi destinasi pariwisata. Tulisan ini membahas strategi pemasaran digital yang dapat diterapkan untuk memperkuat promosi pariwisata Banyuwangi, sebuah destinasi yang kaya akan potensi alam dan budaya di Indonesia. Strategi peningkatan promosi Pariwisata Banyuwangi ini sebagai pemanfaatan media sosial sebagai platform utama untuk berinteraksi dengan wisatawan potensial. Platform seperti Instagram, Facebook, dan Twitter dapat digunakan untuk berbagi konten visual menarik, testimoni pengalaman wisatawan, dan informasi aktual tentang destinasi. Pengabdian ini  bertujuan  untuk  mengetahui dampak strategi peningkatan promosi terhadap respons audiens, wisatawan, dan konten digital. Metode pengabdian ini menggunakan pendekatan  partisipatif  dan  kolaboratif  dengan  menerapkan Content Based Approach. Pengabdian  masyarakat  dilakukan  melalui  pembuatan konten-konten pariwisata. Alat analisis yang digunakan melibatkan handphone dan laptop. Hasil pengabdian menunjukkan  bahwa audiens bisa mendapatkan informasi tentang pariwisata melalui konten.

References

Muzakki, A., & Fahmi, I. (2020). "Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Promosi Pariwisata Daerah (Studi Pada Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Banyuwangi)." Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)

Pratama, R., & Kholil, A. (2016). "Strategi Pemasaran Digital Pariwisata Daerah Banyuwangi." Jurnal Manajemen Pariwisata, 1(2)

Dr. Nikous Soter Sihombing, S.T, S.Kom,M.M., dkk. (2022) PEMASARAN DIGITAL.CV. Pena Persada : Purwokerto

Nenden Hendayani Novia., dkk. (2023) STRATEGOI DIGITAL MARKETING. PT MAFY MEDIA LITERASI INDONESIA : Solok

Fandra Dikhi Januardsni, SE., MM., dkk. (2023) DIGITAL MARKETING TEORI DAN IMPLEMENTASI STRATEGI DIGITAL MARKETING. PT. Sonpedia Publishing Indonesia : Jambi

Yansahrita, dkk, (2023) KONSEP DAN TEORI MANAJEMEN & STYRATEGI DIGITAL MARKETING. CV. ADANU ABIMATA : Indramayu

Abdul Rauf, dkk. (2021) Digital Marketing : Konsep dan Strategi. Grup Publikasi Yayasan Insan Shodiqin Gunung Jati : Cirebon

Downloads

Published

2024-02-15

How to Cite

Rahmi Maulida, Sasi Syawalatu Choir, & Nadia Azalia Putri. (2024). STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PROMOSI PARIWISATA BANYUWANGI DI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN BANYUWANGI. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 238–246. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/406