PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN MELALUI PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT : OPTIMALISASI SISTEM LAYANAN KREDIT JANGKA PENDEK KANTOR CABANG PT.PEGADAIAN (PERSERO) CABANG BONDOWOSO

Authors

  • Desi Duwi Safitri Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Wildatun Hasanah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Sri Wahyuni Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Siti Masrohatin Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Keywords:

Literasi, System, Kredit Jangka Pendek

Abstract

Pada saat ini banyak sekali lembaga keuangan yang menyediakan beberapa produk salah satunya yaitu lembaga PT. Pegadaian (Persero) Cabang Bondowoso yang menyediakan produk Layanan Kredit jangka pendek seperti KCA (Kredit Cepat Aman) dan FLEKSI. Layanan kredit jangka pendek biasanya digunakan oleh nasabah untuk keperluan modal usaha sehingga dapat mendorong perkembangan ekonomi di Indonesia. Dengan adanya  literasi keuangan masyarakat dapat mengetahui berbagai macam produk yang terdapat pada PT. Pegadaian melalui brosur yang telah disediakan. Sistem layanan kredit jangka pendek di PT. Pegadaian persero cabang bondowoso memmpunyai peran penting dalam memberikan solusi finansial kepada  masyarakat dengan proses yang mudah dan tepat, selain itu analisis kolaboratif ini dapat menungkapkan konstribusi positif dari berbagai pihak yang berfokus pada trasnparansi, keberlanjutan dan edukasi ebagai faktor kunci untuk meningkatkan efektivitas layanan kredit jangka pendek ini. Hasil dari pengabdian ini bertujuan agar masyarakat khususnya kepada nasabah mengetahui bagaimana prosedur dan penyelesaian dari system layanan jangka pendek dari PT. Prgadaian (Persero) Cabang Bondowoso. Pengabdian ini terlaksana sebagai hasil kegiatan kolaboratif dengan penelitian sebelumnya. Tujuan dari pengabdian kolaboratif untuk memberikan pengetahuan masyarakat tentang sistem keuangan layanan kredit jangka pendek, serta dapat mendukung perkembangan lebih lanjut dalam penyediaan layanan kredit jangka pendek yang ingklusivitas keuangan dan berkelanjutan dimasa depan. Dapat disimpulkan bagian yang terlibat dari optimalisasi layanan kredit jangka pendek yaitu kepala unit, Relationship Officer (RO), Penaksir, dan Kasir.

References

Eddy Soeryanto Soegoto, (2003). Buku Pedoman Pegadaian, Jawa Barat. https://elib.unikom.ac.id/download.php?id=93569

Huriyatul Akmal, Yogi Eka Saputra. (2016). Analisis Tingkat Literasi Keuangan, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol.1 No 2.

Kartini Nur Karin, dkk. (2022). “Perancangan Sistem Informasi Dan Simulasi Perhitungan Kredit Oleh Nasabah Berbasis Android Pada Bank BJB Cabang Soreang Bandung”. Jurnal ilmiah akuntansi dan keuangan, Vol 5 No. 1.

Montolalu sam fandi, dkk. (2015). “pengaruh kualitas layanan, promosi dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Pegadaian cabang manado timur”. Jurnal LPPM Bidang EcoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, dan Hukum) Vol 2 No (1) Pages 120-135.

Patel, (2020). Understanding the Role of Short-Term Credit in Economic Growth." International Journal of Finance and Economics, Vol 35 No (4) Pages 567-582.

Putra Deni Muhammad, dkk. (2021). “Analisis Minat Masyarakat Menabung Emas Pada Unit Pegadaian Syariah Selayo Solok”. Journal of Islamic banking and finance Vol 1 No (1) Pages 41-48

Smith, J. (2019). “Short-Term Credit Dynamics: A Comprehensive Analysis." Journal of Financial Services, 45(2), 210-228.

Syamsiah Ng, dkk. (2023). “Pengaruh Nilai Taksir Dan Pelayanan Gadai Emas Terhadap Permintaan Kredit Cepat Aman Pada PT. Pegadaian Unit Marisa Di Kabupaten Pohuwato”. Jurnal mirai management, Vol 8 Issue 2 pages 156-163.

Sutrisno, dkk, (2023). “Literature Review: Mitigasi Resiko Dan Prosedur Penyelamatan Pada Sistem Perkreditan Rakyat.” COSTING:Journal of Economic, Business And Accounting 6(2):1154-1167.

Tulasmi., & Mukti, T., (2020). Peran Pegadaian Syariah dalam Literasi Keuangan Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(02), 239-245. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v6i2.1072

Downloads

Published

2024-02-15

How to Cite

Desi Duwi Safitri, Wildatun Hasanah, Sri Wahyuni, & Siti Masrohatin. (2024). PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN MELALUI PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT : OPTIMALISASI SISTEM LAYANAN KREDIT JANGKA PENDEK KANTOR CABANG PT.PEGADAIAN (PERSERO) CABANG BONDOWOSO. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 220–227. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/404