PELATIHAN TOEIC® (TEST OF ENGLISH FOR INTERNATIONAL COMMUNICATION) BAGI MAHASISWA BUSINESS ENGLISH COMMUNICATION FBS UNM

Authors

  • Asriati Universitas Negeri Makassar
  • Mardiyanah Nasta
  • Hasriani G
  • Maemuna Muhayyang
  • Rahmad Risan

Keywords:

Pelatihan TOEIC®, , Mahasiswa Vokasi,

Abstract

Program studi vokasi di jenjang perguruan tinggi merupakan program studi yang lulusannya disiapkan untuk menjadi tenaga kerja siap pakai. Pada perekrutan tenaga kerja pada instansi swasta maupun negeri salah satu persyaratan utama adalah melampirkan sertifikat kemampuan berbahasa Inggris. Berdasarkan penelusuran tim pengabdi mahasiswa semester V BEC FBS UNM belum pernah mengikuti pelatihan TOEIC® sebelumnya bahkan beberapa mahasiswa hanya pernah mendengar istilah tersebut namun tidak tahu apa itu TOEIC®. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tim pengabdi menganggap bahwa pelaksanaan pelatihan TOEIC® bagi mahasiswa Business English Communication merupakan hal yang dibutuhkan. Terdapat 3 tahapan pelaksanaan pada kegiatan ini yaitu pengenalan, pelatihan, dan demonstrasi. Hasil Pkm ini memperlihatkan bahwa mitra memperoleh pengetahuan mengenai tes TOEIC® dan cara mengerjakannya secara umum. Mereka menunjukkan sikap positif dan aktif berkontribusi selama kegiatan.

References

Dari, A. L. W., & Zasrianita, F. (2021). An Analysis the Vocational High School Students’ Problem in Answering TOEIC Reading and Listening Test. Jadila: Journal of Development and Innovation in Language and Literature Education, 2(1), 48-56.

Dhewy, R. C., & Handayani, E. L. (2021). Pelatihan TOEIC Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Kelas XII Tav 1 SMK Negeri 1 Sidoarjo. JURNAL PADI (Pengabdian masyarakat Dosen Indonesia), 4(2), 20-24.

Hasriani, G., Risan, R., & Nasta, M. (2019). Pelatihan TOEFL bagi Lembaga MAMMESA. in Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2019, No. 4).

Iswara, J. W. (2020). Penguatan Kemampuan Skills Berbahasa Inggris Guna Menunjang Skor TOEIC Bagi Mahasiswa Non-Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat (PAKEM), 2(2), 145-150.

Miqawati, A.H., Wijayanti, F., Budi, A.S, Zuhro, C., & Susanti, N. (2021). Pelatihan Test of English for International Communication (TOEIC) bagi Mahasiswa Politeknik Negeri Jember. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 684-688.

Purnama, Y. I., Prastiwi, C. H. W., Tirtanawati, M. R., & Rozak, R. R. (2019). Pelatihan Toeic sebagai Upaya Pengembangan Profesional Pada Peserta Didik SMK Negeri Dander Bojonegoro. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 113-122.

Satria, A., & Zahraa, S. A. (2018). The Factors Affect Toeic Passing Grades in TOEIC Intensive Course For Third Year Students. Inovish Journal, 3(2), 221-229.

Wijayanti, P. R., Suwartono, T., & Kusuma, L. (2022). Perception of vocational school students towards online learning and their TOEIC scores. International Journal for Educational and Vocational Studies, 4(1).

Zahruni, N. A., Fahmi, F., & Pratolo, B. W. (2020). The Challenges of Taking TOEIC Test and How to Overcome: Perception of Indonesian Vocational Students. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 7(1), 82-91.

Downloads

Published

2023-02-19

How to Cite

Asriati, Mardiyanah Nasta, Hasriani G, Maemuna Muhayyang, & Rahmad Risan. (2023). PELATIHAN TOEIC® (TEST OF ENGLISH FOR INTERNATIONAL COMMUNICATION) BAGI MAHASISWA BUSINESS ENGLISH COMMUNICATION FBS UNM. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 37–44. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/4