IMPLEMENTASI APLIKASI JAMSOSTEK MOBILE PADA PROSES PENCAIRAN JAMINAN HARI TUA DI BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG JEMBER

Authors

  • Siti Masrohatin Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq
  • Nadiatun Nisa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq
  • Kholishotur Rodliyah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq
  • Nikent Zuroidah Al-Adawiyah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq

Keywords:

JHT, JMO, BPJS KETENAGAKERJAAN

Abstract

Pencairan JHT di BPJS Ketenagakerjaan dipermudah melalui penggunaan  Jamsostek Mobile, langkah ini diambil untuk menurunkan akibat penyebaran covid-19 pada saat itu. Namun sampai saat ini masyarakat masih belum memahami penggunan aplikasi JMO. Tujuan dari pengabdian ini ialah untuk memberikan pemahaman baru bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan cabang Jember dalam menggunakan aplikasi JMO guna melakukan pencairan JHT. Pada Pengabdian ini penulis melakukan beberapa tahapan yaitu melalui tahapan persiapan, pengamatan, perbincangan, dan pendampingan, kelompok kami memberikan arahan yang efektif kepada para peserta BPJS Ketenagakerjaan  cabang jember dalam melakukan proses pencairan JHT melalui aplikasi JMO. Hasil dari pengabdian ini adalah penggunaan aplikasi JMO telah membawa keuntungan yang besar. Dengan menggunakan pendekatan tahapan persiapan, perbincangan, dan pendampingan, kinerja dalam penggunaan aplikasi JMO berhasil ditingkatkan. Tanggapan positif dari peserta BPJS Ketenagakerjaan menyatakan keberhasilan program pengabdian masyarakat ini dalam menyempurnakan pemahaman dan penggunaan sistem untuk proses pencairan JHT melalui aplikasi JMO

References

BPJS Ketenagakerjaan. (2021). Panduan Cara Klaim JHT Via JMO. Diakses tgl 9 Februari 2024.

Hafiz sutrisno. (2020). Pengaruh BPJS Ketenagakerjaan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Tenaga Kerja. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Volume 2, Nomer 1.

JS Pande dan Maylisa Gunawan. (2023). Pengenalan Layanan Aplikasi Jamsostek Mobile Melalui Video Promosi Dan Banner Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar. Jurnal Administrasi Terapan. Volume 1, Nomer 1.

Melyka Ayu dan Wiwik Handayani. (2023). Peningkatan Pemahaman Masyarakat Terhadap Manfaat Dari Program BPJS Ketenagakerjaan Bagi Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) Di Surabaya dan Sidoarjo. Jurnal Sosiohumaniora Sasanti. Volume 3, Nomer 3.

Musari Khairunnisa, dkk. (2023).Strategi Pemilihan Calon Nasabah Dalam Penyaluran Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (Kur) di BSI Kcp Lumajang Imam Bonjol. Uin Khas Jember.

Nanda Rabita. (2022). Lewat JMO, Daftar BPJS Ketenagakerjaan Jadi Lebih Mudah. Diakses 15 Februari 2023.

Putri Mahalani Aulia, dkk. (2023). Implementasi layanan jamsostek mobile Dalam pengajuan klaim jaminan hari tua Bpjs ketenagakerjaan cabang Sukabumi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan. Volume 9, Nomer 3.

Sulaiman Adhar Furqan Azhari, dkk. (2023). Penerapan aplikasi akuntansi ukm untuk meningkatkan efisiensi Penyusunan laporan keuangan pada usaha kecil dan menengah (ukm). Jurnal Gembira. Volume 1 No 6.

Triansyah Fadli Agus, Dkk. (2023). Awardee Goes to School: Upaya Peningkatan Motivasi Siswa untuk Melanjutkan Studi di Pendidikan Tinggi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara. Volume 3, Nomer 2.

Wiranda Ade Deva. (2022). Efektivitas aplikasi jamsostek mobile (jmo) dalam Proses pencairan jaminan hari tua (jht) kepada Peserta bpjs ketenagakerjaan cabang Meulaboh. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Volume 2, Nomer 6.

Downloads

Published

2024-02-15

How to Cite

Siti Masrohatin, Nadiatun Nisa, Kholishotur Rodliyah, & Nikent Zuroidah Al-Adawiyah. (2024). IMPLEMENTASI APLIKASI JAMSOSTEK MOBILE PADA PROSES PENCAIRAN JAMINAN HARI TUA DI BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG JEMBER . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 143–154. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/396