PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL PROSIDING SESUAI TEMPLETE SEBAGAI LUARAN KONFERENSI INTERNASIONAL

Authors

  • Geminastiti Sakkir Universitas Negeri Makassar
  • Syarifuddin Dollah Universitas Negeri Makassar
  • Fauzan Hari Sudding Sally Universitas Negeri Makassar
  • Nurdin Noni Universitas Negeri Makassar
  • Fatimah Hidayahni Amin Universitas Negeri Makassar

Keywords:

assistance, article, proceedings, conference, templete

Abstract

Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dasar bagi para dosen penyaji makalah dalam konferensi internasional tentang penulisan dan penyesuaian artikel sesuai templete prosiding yang disediakan penyelenggara konferensi. Dalam kegiatan ini, para dosen memberikan presentasi dan diskusi tentang berbagai hal yang diperlukan jika ingin menyusun dan menyesuaikan artikel yang dibawakan dalam konferensi dengan templete prosiding. Kegiatan ini diikuti oleh para dosen penyaji makalah dalam konferensi internasional ASIA TEFL 2023 di Daejon Convention Centre, Korea Selatan. Hasil dari kegiatan pendampingan ini menunjukkan bahwa para dosen penyaji sangat terbantu dalam menulis artikel dan mengedit artikel tersebut sesuai templete prosiding yang telah disediakan oleh penyelenggara konferensi, karena tidak semua artikel dapat dimuat di prosiding karena alasan tidak sesuai templete yang disediakan. Mereka sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini dan mengakui bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka. Para dosen juga berharap dan menyarankan agar adanya kegiatan lanjutan sehingga artikel- artikel yang mereka sajikan dalam konferensi internasional dapat dimuat dalam luaran prosiding internasional dengan mudah dan tepat waktu.

References

Atmowardoyo, H., & Sakkir, G. (2021, November). The Development of Language Learning Theory Based on Best Practice: A Literature Review. In Proceedings of the Tenth International Conference on Languages and Arts (ICLA 2021) (pp. 172-184). Atlantis Press.

Atmowardoyo, H., Weda, S., & Sakkir, G. (2021, March). Learning Strategies in English Writing used by Good Language Learners in Millennial Era: A Positive Case Study in Universitas Negeri Makassar. In PROCEEDING BOOK THE LANGUAGE TEACHER TRAINING AND EDUCATION INTERNATIONAL CONFERENCE (Vol. 1, No. 1, pp. 187-196). Program Magister Pendidikan bahasa Inggris Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Baharuddin, E. (2017). Pengelolaan Jurnal Online Terakreditasi. Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Dollah, S., Sehuddin, M., & Sakkir, G. (2021). Motivating EFL Learners to Write Using Padlet Application. ELT Worldwide, 8(2), 240-254.

Dwiyanti, I., Nawawi, N., Farida, U., Sakkir, G., Suryarini, D. Y., & Kusumaningrum, N. K. V. (2021). The Influence of Work Environment and Compensation on Employee Performance through Job Satisfaction in the Office of the Regional Financial Management Agency Bantaeng Regency. In Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (pp. 2597-2598).

Junandi, S. (2018). Pengelolaan jurnal elektronik bidang perpustakaan menuju jurnal terakreditasi. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science,2(1), 119-136.

Mahmud, R., Bakhtiar, M. I., & Sakkir, G. (2021). Asistensi Akreditasi Dan Indeksasi DOAJ Bagi Pengelola Jurnal di Universitas Negeri Makassar. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 478-483.

Martina, A., Arief, S., Sakkir, G., Suriyani, B. B., Qomariyah, E., & Setyowati, E. Work Capability with Work Environment Management and the Effectiveness of Education and Training on Civil Servant Performance.

MISNAWATI, M., Sakkir, G., Puspita, N., Akbar, Z., & Yusriadi, Y. (2021). Student learning interest in COVID-19 pandemic age by blended e-learning (Asynchronous and synchronous). In Proceedings of the 11th Annual International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (pp. 6330-6339). IEOM Society International.

Nashihuddin, W., & Aulianto, D. R. (2016). Pengelolaan Terbitan Berkala Ilmiah Sesuai Ketentuan Akreditasi: Upaya Menuju Jurnal Terakreditasi Dan Bereputasi Internasional. Jurnal Pustakawan Indonesia,15(1-2).

Permendiknas. (2011). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2011 tentang Terbitan Berkala Ilmiah. Jakarta.

Sakkir, G. (2018). Pengembangan modul pengajaran menulis berbasis Facebook (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Sakkir, G. (2018). Writing: Beginner. Deepublish.

Sakkir, G. (2022). BUNGA RAMPAI METODE RISET BERBASIS DIGITAL: PENELITIAN PASCA PANDEMI.

Sakkir, G., Muhayyang, M., Amin, F. H., Dollah, S., Noni, N., & Umar, N. F. (2023). PENDAMPINGAN PENGELOLAAN JURNAL IJOBEC (INTERNASIONAL JOURNAL OF ENGLISH BUSINESS ENGLISH AND COMMUNICATION). PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 1(2), 308-313.

Sakkir, G., Noni, N., Muhayyang, M., Dollah, S., & Tahir, M. (2023). SOSIALISASI PELUANG DAN TANTANGAN BEKERJA DI LUAR NEGERI BAGI TENAGA KESEHATAN DI INSTITUT TEKNOLOGI KESEHATAN DAN SAINS MUHAMMADIYAH (ITKESMU) SIDRAP. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 352-358.

Saputra, U. R., Maulina, M., Nasrullah, R., & Sakkir, G. (2021). Students’ Sentence Errors on WhatsApp Daily Status: A Literature Review. Celebes Journal of Language Studies, 23-31.

Yusriadi, Y., Rusnaedi, R., Siregar, N., Megawati, S., & Sakkir, G. (2023). Implementation of artificial intelligence in Indonesia. International Journal of Data and Network Science, 7(1), 283-294.

Downloads

Published

2024-02-15

How to Cite

Sakkir, G., Syarifuddin Dollah, Fauzan Hari Sudding Sally, Nurdin Noni, & Fatimah Hidayahni Amin. (2024). PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL PROSIDING SESUAI TEMPLETE SEBAGAI LUARAN KONFERENSI INTERNASIONAL. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 124–132. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/390