PEMBUATAN PANDUAN PENULISAN SITASI DAN DAFTAR PUSTAKA MENURUT AMERICAN PSYCHOLOGICAL ASSOCIATION (APA) STYLE 7TH EDITION BAGI ANGGOTA DIALEKTIKA INSTITUTE

Authors

  • Bambang Irawan Universitas Pamulang
  • M. Ahsan Tampubolon Universitas Pamulang
  • M. Fajar Mediyawan Gintings Universitas Pamulang

Keywords:

APA Style 7th Edition, Daftar Pustaka, Gaya Penulisan, Sitasi

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berjudul “Pembuatan Panduan Penulisan Sitasi dan Daftar Pustaka Menurut American Psychological Association (APA) 7th Edition bagi Anggota Dialektika Institute” ini dilaksanakan atas Kerjasama tim PKM Program Studi Sastra Inggris Unpam dengan Dialektika Institute. Kegiatan PKM ini terlaksana berdasarkan hasil analisis situasi dilapangan dimana mitra mengalami permasalahan dalam penulisan karya ilmiah terutama yang berkaitan dengan sitasi dan daftar pustaka. Sebagaimana diketahui bahwa sitasi dan daftar pustaka merupakan aspek yang tidak boleh diabaikan dalam preses penulisan karya ilmiah. Permasalahan pertama terkait dengan ketidakpahaman mitra terhadap format penilsan sitasi dan daftar pustaka. Permasalahan kedua yang dihadapi oleh mitra adalah pemahaman yang kurang baik mengenai sumber yang akan disitasi. Hal-hal tersebut tentu akan mempengaruhi penulisan sitasi dan daftar pustaka. Untuk menyikapi permasalahan-permasalahan yang dihadapi mitra tersebut, maka tim PKM mengusulkan sebuah solusi yaitu pembuatan panduan penulisan sitasi dan daftar pustaka menurut gaya penulisan APA 7th edition.

References

Ariseyawan, K., Prastiwi, L.F., Lika, E., Kiha, E.K., & Rado, B.G. (2022). Pelatihan pembuatan daftar pustaka pada karya ilmiah mahasiswa menggunakan Ms. Word dan Mendeley. Community Development Journal, 3(2), 849-855.

Faisal, M., Challen, A.E., & Sari, I. (2020). Meningktakan efektivitas dan kualitas karya ilmiah melalui pelatihan manajemen referensi bagi dosen dan mahasiswa. HUMANISM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 115-125.

Handayani, P., Nurhayati., & Silviyani, A.S. (2022). Pelatihan penulisan sitasi dalam artikel ilmiah dengan aplikasi Mendeley pada mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta. FOKUS ABDIMAS, 1(2), 72-79.

Kasiyan, dkk. (2019). Pelatihan penulisan karya ilmiah untuk meningkatkan profesionalisme guru. JPPM, 3(1), 47-53.

Marlena, N., Dwijayanti, R., Patrikha, F.D., & Parjono. (2017). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah (KTI) bagi guru SMA swasta di Sidoarjo. Jurnal ABDI, 2(2), 45-50.

Rusli., Rahman, A., Sutamrin., Ahmar, A.S., & Musa, H. (2023). Meningkatkan publikasi ilmiah melalui teknik sitasi dan penulisan referensi bagi guru SMP di Kabupaten Takalar. AARUS Jurnal Pengabdian Kepada Nasyarakat, 2(2), 30-34.

Sadin, dkk. (2023). Pemanfaatan Mendeley dan Google Scholar dalam sitasi karya ilmiah. Kongga: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 24-29.

Sujarwati, I., Azwandi., & Syafryadin. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley dalam pengelolaan sitasi dan referensi karya ilmiah. Jurnal Inovasi pengabdian Masyarakat Pendidikan, 2(1), 1-15.

Downloads

Published

2024-04-15

How to Cite

Irawan, B., Tampubolon, M. A., & Gintings, M. F. M. (2024). PEMBUATAN PANDUAN PENULISAN SITASI DAN DAFTAR PUSTAKA MENURUT AMERICAN PSYCHOLOGICAL ASSOCIATION (APA) STYLE 7TH EDITION BAGI ANGGOTA DIALEKTIKA INSTITUTE. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 357–366. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/389

Issue

Section

Articles