PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SUMBER LITERASI UNTUK MENINGKATKAN BUDAYA MEMBACA
Keywords:
Digitalisasi, Generasi Muda, Literasi, Media SosialAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para generasi muda dan masyarakat mengenai pentingnya penggunaan pelbagai media sosial sebagai sumber bacaan di kegiatan literasi untuk meningkatkan budaya membaca, khususnya di era digitalisasi saat ini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di bulan Januari 2024, tepatnya di Desa Rajeg, Kecamatan. Rajeg, Kabupaten. Tengerang. Penyuluhan kepada masyarakat yang dikemas dalam bentuk seminar sehari ini dilaksanakan secara langsung yang dihadiri oleh masyarakat, para pemuda-pemudi, dan juga didukung penuh oleh para mahasiswa yang sedang melaksanakan KKM di desa Rajeg. Angket berisikan beberapa pertanyaan mengenai pemanfaatan media sosial sebagai sumber bacaan di kegiatan literasi untuk meningkatkan minat baca dikirimkan menggunakan Google Form. Hasil dari kegiatan seminar ini adalah (1) para masyarakat dan generasi muda mengerti akan manfaat pelbagai media sosial yang diakses setiap hari selama 1 – 3 jam sebagai sumber literasi, khususnya Instragram yang merupakan media sosial yang paling banyak digunakan, (2) pelbagai media sosial membantu dalam memberikan informasi terkini sebagai sumber bahan bacaan di era digitalisasi dari pelbagai tempat khususnya di bidang bacaan mengenai musik. Oleh karena itu disarankan kepada para generasi muda untuk mengakses media sosial sebagai sumber bahan bacaan di kegiatan literasi dengan baik dan bertanggung jawab di era digitalisasi saat ini.
References
Andriani, A. E., & Sulistyorini, S. (2022). Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(1), 63–70. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6442
Ani, C. A., & Rukiyah, R. (2023). Perilaku Informasi Generasi Milenial Kota Semarang di Media Sosial Saat Menghadapi Era Post-Truth. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 7(1), 142–161. https://doi.org/10.14710/anuva.7.1.1-20
Arifiah, A., & Yulianti, L. E. (2022). Literasi Internet Pelajar Sekolah Menengah Pertama di Majalengka, Jawa Barat. JIS (Jurnal Ilmu Siber), 1(3), 64–68. https://jurnal.unsia.ac.id/index.php/jis/index
Asa, M. A., & Samsuri (2023). Efektivitas Penggunaan Instagram dan Twitter sebagai Media Pembelajaran PPKn Terhadap Tingkat Literasi Kewargaan. AGORA: Jurnal Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 12(2), 177–191. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/civics/article/view/20148
Gultom, T. R., Rasyid, Y., & Rafli, Z. (2020). Hubungan Penggunaan Media Sosial dan Berpikir Kritis terhadap Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas X SMA Budi Mulia. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 13(2), 127. https://doi.org/10.30651/st.v13i2.4518
Hidayat, F. P., & Ginting, R. (2020). Media Literacy of Communication Students in Using Facebook. ETTISAL : Journal of Communication, 5(1). https://doi.org/10.21111/ejoc.v5i1.3947
Meilinda, N., Malinda, F., & Aisyah, S. M. (2020). Literasi Digital Pada Remaja Digital (Sosialisai Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pelajar Sekolah Menengah Atas). Jurnal Abdimas Mandiri, 4(1). https://doi.org/10.36982/jam.v4i1.1047
Nabila, L. N., Utama, F. P., Habibi, A. A., & Hidayah, I. (2023). Aksentuasi Literasi pada Gen-Z untuk Menyiapkan Generasi Progresif Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Education Research, 4(1), 28–36. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.113
Nugroho, M. W. (2022). Perspektif Mahasiswa Terhadap Literasi Digital di Aplikasi Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(1), 26. https://doi.org/10.25157/literasi.v6i1.6775
Nurfauziyah, S., Nursanti, S., & Utamidewi, W. (2023). Penggunaan Instagram sebagai Media Literasi Digital pada Akun @dp3akarawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(9), 245–254. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7951736
Putri, C., Cahyani, T., & Nabila, E. P. (2023). Survei Dokumentasi Terkait Penggunaan Platform Musik Video Sebagai Fasilitas Bahasa Digital Pada Pandemi Covid-19. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 4(1), 131–137. https://doi.org/10.34306/abdi.v4i1.941
Sahidillah, M. W., & Miftahurrisqi, P. (2019). Whatsapp sebagai Media Literasi Digital Siswa. Jurnal Varidika, 31(1), 52–57. https://doi.org/10.23917/varidika.v1i1.8904
Sulthan, M., & Istiyanto, S. B. (2019). Model Literasi Media Sosial Bagi Mahasiswa. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1076. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.280
Wahyudin, D., & Adiputra, C. P. (2019). Analisis Literasi Digital Pada Konten Instagram @Infinitygenre. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1), 25–34. https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.744
Wati, I., Ernita, M., Ristiliana, & Lubis, M. I. (2023). Peran Literasi Digital dalam Pembejalaran di Era Society 5.0 pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UIN Suska Riau. EKLEKTIK: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, 6(1). http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v6i1.22723
Widiastuti, Y., Lestari, O. W., & Ambarwati, A. (2022). Preferensi media bacaan sastra siswa SMAN 1 Kraksaan: Cetak atau digital? KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(2), 272–287. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.21345
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Delsa Miranty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.