PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN PADA UMKM KONVEKSI ‘CV GAYATEX INDO’ DI YOGYAKARTA

Authors

  • Mia Elsa Manora Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Titik Desi Harsoyo Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Keywords:

Media Sosial, Instagram, Promosi, Kinerja Pemasaran, UMKM

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di CV Gayatex Indo yang berlokasi di Jl. Gejayan, Yogyakarta. Sebagai UMKM yang bergerak di bidang konveksi, CV Gayatex Indo menghadapi persaingan dengan perusahaan sejenis khususnya di Yogyakarta. Oleh karena itu, UMKM ini perlu mengelola pemasaran dengan baik dan salah satunya melalui pemanfaatan media promosi online. Berdasarkan hasil analisis situasi ditemukan adanya permasalahan pada aspek pemasaran yang dihadapi oleh mitra yaitu kurang optimalnya media promosi yang digunakan. Sesuai dengan target pasarnya, CV Gayatex Indo mengandalkan promosi secara online dan khususnya media sosial Instagram. Dengan demikian, tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan kinerja pemasaran CV Gayatex Indo melalui pengelolaan Instagram. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi terhadap akun Instagram, ditemukan permasalahan khusus yaitu: (1) pengelolaan Instagram yang kurang optimal, (2) belum ada dokumen yang digunakan sebagai panduan resmi yang memudahkan mitra dalam merencanakan dan membuat konten Instagram. Untuk membantu mitra memecahkan masalah tersebut, maka tim pengabdi mengadakan pelatihan mengenai optimalisasi pemanfaatan media sosial Instagram. Hasil yang dicapai dari pelatihan ini adalah: (1) adanya pengetahuan dan keterampilan tambahan tentang pengelolaan Instagram, (2) adanya dokumen Standard Operating Procedure (SOP) mengenai pengelolaan Instagram, (3) adanya pemetaan konten (content mapping) untuk memandu konten Instagram agar lebih menarik dan terjadwal. Pelatihan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra mengenai pengelolaan media sosial Instagram agar bermanfaat secara optimal untuk mendukung pemasaran. Tim pengabdi berharap ada keberlanjutan dari program pelatihan yang diberikan kepada mitra dimana mitra dapat menerapkan dan mengembangkan pengelolaan media promosi untuk meningkatkan kinerja pemasaran.

References

Aryani, I. D., & Murtiariyati, D. "Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Pada a.D.a Souvenir Project." Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia 2, 2 (2023): 466–477. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.479.

Damayanti, Subagja, G., Khotimah, S. N. "E-Promotion Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ( UMKM ) Berbasis Media Sosial Instagram di Bandar Lampung." Jurnal Mitrawarga, 1(2). (2022): 91–95.

Geby, A., Syaputri, G., & Ulum, M. B. "Penyuluhan Penggunaan Instagram Kepada UMKM Bu Mul Flora di Kelurahan 16 Ulu Kota Palembang." BERNAS: Jurnal Pemgabdian Kepada Masyarkat 4, 2 (2023): 962–966.

Harsoyo, T. D., Puspitasari, K. A., Kusuma, N. T. "Pelatihan Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Gig’s Batik di Yogyakarta.". Journal of Community Service and Emporwerment 4, 2 (2023): 170–181.

Mangifera, L., Putra, R. L., Yudhanto Adinugroho, H., Nur Rahma, F., Amelia Salsabilla, C., Ayu Martiningsih, D., & Tri Wijayanti, R. "Upaya Pemberdayaan UMKM Konveksi Dalam Mencegah Penyebaran Covid-19 di Kawasan Solo Raya. Abdi Psikonomi 19, 1 (2021): 8–17. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i1.194.

Novita, D., & Yuliani, N. "Pemanfaatan Instagram di Dalam Mengelola Bisnis Online bagi UMKM". Forum Ilmiah, 18, 1 (2021): 55.

Puspita, I. L., Ariningrum, H., Sariningsih, E., Alansori, A., Setia, T., & Dewi, W. (2023). "Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran Bagi UMKM Kemiri Kelurahan Sumber Agung Bandar Lampung". Near: Jurnal Pengabdian kepada masyarakat 3, 1 (2023). https://doi.org/10.32877/nr.v3i1.837.

Saputri, F.N., Setyawidyastuti, M.E.P., Cahyani, A.D., Setiyawan, D., Nurhidayat, S. “Pendampingan Digital Marketing Pada Batik Khas Desa Pagerukir Melalui Sosial Media.” Jurnal Gembira 1, 5 (2023): 1086 – 1092.

gayatexkonveksi.com. Diakses 11 Desember 2023.

www.abdesir.com. Diakses 20 Januari 2024.

https://www.djkn.kemenkeu.go.id. Diakses 20 Januari 2024.

databoks.katadata.co.id (2023). Diakses 22 Januari 2024.

Downloads

Published

2024-02-15

How to Cite

Manora, M. E., & Harsoyo, T. D. (2024). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN PADA UMKM KONVEKSI ‘CV GAYATEX INDO’ DI YOGYAKARTA. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 53–65. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/380