IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA DAPUR AI

Authors

  • Golan Hasan Universitas Internasional Batam
  • Nevi Ariyu De Utami Universitas Internasional Batam

Keywords:

Promosi, Media Sosial, Strategi Marketing

Abstract

Pengabdian ini dilakukan untuk membantu UMKM dalam mengembangkan strategi pemasaran melalui media sosial Instagram. Hal tersebut dilakukan untuk memperluas ruang lingkup penjualan Produk Dapur Ai. Kurangnya pengembangan pemasaran yang dilakukan, membuat Dapur Ai hanya dikenal Masyarakat sekitar saja. Serta belum terbentukanya strategi pemasaran digital yang terkonsep dan terstruktur. Metode yang digunakan ialah mengunakan metode wawacara dan observasi mitra. Hasil dari pengabdian ini adalah membuat akun bisnis media sosial Instagram, serta mendesign dan mengunggah konten yang menarik perhatian calon konsumen. Selain itu, penulis juga membuatkan spanduk baru, agar lokasi mitra dapat dengan mudah dijangkau. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah masih banyak pelaku UMKM yang masih belum dapat memanfaatkan teknologi media sosial dengan efektif, serta memerlukan edukasi lebih terhadap media sosial.

References

Hasan, G., Ardila, Handoko, A., Salim, F. F., Rohaizat, P. S., & Hulu, Y. J. (2022). Implementasi Pemasaran Digital Sebagai Strategi Pemasaran dan Untuk Meningkatkan Penjualan. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 505–515.

Kang, J. Y. M. (2019). What drives omnichannel shopping behaviors?: Fashion lifestyle of social-local-mobile consumers. Journal of Fashion Marketing and Management, 23(2), 224–238. https://doi.org/10.1108/JFMM-07-2018-0088

Marpaung, A. P., Hafiz, M. S., Koto, M., & Dari, W. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. Prosiding Seminar Kewirausahaan, 2(1), 294–300.

Nurmalasari, L. (2021). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KETERLIBATAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE (Studi Kasus Pada UMKM Bidang Kuliner). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9(3), 288–300. https://doi.org/10.31846/jae.v9i3.405

Pattikawa, S. N., & Hasan, G. (2023). Pengaruh Kepercayaan Dan Minat Repurchase Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja Di E-Commerce Kota Batam. Technomedia Journal, 8(1 Juni), 52–66. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i1.1938

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Golan Hasan, & Nevi Ariyu De Utami. (2023). IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA DAPUR AI. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(06), 2022–2028. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/361