SISTEM INFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DESA HANDIL TERUSAN BERBASIS WEB
Keywords:
Pemerintahan, Waterfall, WebAbstract
Pengabdian ini bertujuan mengembangkan sistem administrasi kependudukan berbasis web di Desa Handil Terusan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pembuatan surat keterangan. Metode Waterfall digunakan untuk pendekatan pengembangan perangkat lunak yang terstruktur. Desa Handil Terusan, dengan populasi sekitar 5.080 jiwa, menghadapi kendala dalam proses manual pembuatan surat keterangan. Oleh karena itu, penerapan teknologi informasi berbasis web menjadi solusi. Sistem yang dikembangkan mencakup fitur pendaftaran warga, login khusus untuk warga, staf, dan kepala desa, serta dashboard untuk masing-masing peran. Pemilihan teknologi melibatkan PHP dan MySQL untuk pengembangan web dengan menggunakan Visual Studio Code dan Windows 10. Hasilnya adalah situs web dengan fungsi-fungsi seperti pengajuan surat, manajemen pengguna, pencetakan surat, dan laporan bulanan dan tahunan. Sistem ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap efisiensi dan transparansi dalam administrasi kependudukan di Desa Handil Terusan.
References
Badrul, M., & Ardy, R. (2021). Penerapan Metode Waterfall pada Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, 5(1), 52–61.
Kurniawan, W., Pietersz, A. A., Farlina, Y., Yuliani, Y., Panggalih, K., & Suryadi, A. (2023). Penerapan Metode Waterfall Pada Website Penjualan ( Studi Kasus Cafe Foresthree Bogor ). Jurnal Responsif, 5(1), 26–33.
Rusadi, F., & Wijaya, Y. A. (2023). Sistem Informasi Pelayanan Surat Keterangan Desa Jalatrang Berbasis Web. Sistem Informasi Pelayanan Surat Keterangan Desa Jalatrang Berbasis Web, 1(2), 66–80. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3485141
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muthmainnah, Wawan Joko Pranoto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.