MENGUKIR KEBERHASILAN EDUKASI: PENINGKATAN KOMPETENSI SOFT SKILL GURU SMK ARMANIYYAH DALAM MENGHADAPI ANAK DIDIK
Keywords:
Keberhasilan Edukasi, Kompetensi, Soft SkillAbstract
Soft skill, seperti kemampuan komunikasi, kesabaran, empati, dan kerjasama, dll berperan penting dalam membentuk hubungan yang positif antara guru dan siswa, serta mendukung proses belajar-mengajar yang efektif. studi ini mengidentifikasi level kompetensi soft skill awal guru, merancang dan menerapkan program pelatihan, serta mengevaluasi dampaknya terhadap kualitas pendidikan. Banyak sekali problem yang dihadapi oleh siswa di sekolah seperti tingkat prestasi yang kurang baik, terjadinya perundungan, adanya kenakalan remaja bahkan sampai terlibat pada hal yang bersifat kriminal. Peran guru dan orang tua sangat menentukan akan kesuksesan anak dimasa yang akan datang. Guru yang memiliki soft skill yang akan lebih mudah berkomunikasi dengan siswa dan bisa menyampaikan materi dengan sangat baik Tentunya guru tersebut bisa menunjukkan bahwa dirinya patut dicontoh dalam hal kepribadian dan perilaku sehingga berdampak positif pada siswa, namun masih terjadi sebagaimana diberitakan oleh media bahwa guru yang seharusnya menjadi role model, digugu dan ditiru namun melakukan hal-hal yang menyalahi norma, menunjukkan kekerasan dalam mendidik dan berprilaku tidak selayaknya seorang pendidik.
References
Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., WINANTI, W., Fayzhall, M., & Putra, F. (2020). Hard Skills Dan Soft Skills: Apa Membangun Inovasi Guru Sekolah Islam? Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 143–172.
Darmiany, A. (2016). Pengembangan Model Pelatihan Soft-skills pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kota Mataram. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(2), 47–54.
Gunawan, A., Soer, U. D., & Wirjawan, T. W. (2023). PENGUATAN EKONOMI DIGITAL MELALUI PELATIHAN DIGITAL ENTREPRENEURSHIP BAGI UMKM DI DESA SUKARAGAM. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(03), 548-555.
Gunawan, A., & Kusumah, D. H. (2023). Conditional Process Analysis of the Correlation Between Achievement Motivation and Performance. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(4), 3353-3362.
Gunawan, A., Sucipto, I., Karyono, K., & Gofar, I. A. (2023). Pendekatan Kreatif Mempelajari Kepemimpinan Digital Pada UMKM Di Bekasi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(2), 1107-1114.
Mahfud, M. (2014). Program Pendidikan Karakter dan Pemaknaan Pengembangan Soft Skills di SMK NU Gresik. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2).
Mardikaningsih, R., & Sinambela, E. A. (2021). Performance Development of Agricultural Extenders Through Interpersonal Skills and Work Ethic. ejournalsico.com. https://ejournalsico.com/index.php/sico/article/view/26
Khoeroni, R., Suryadi, S., & Gunawan, A. (2022). Implementation of Digital Leadership in Development Digital Competence in Public Services. The Management Journal of Binaniaga, 7(2), 141-156.
Putri, Y. E., Nuraina, E., & Styaningrum, F. (2019). Peningkatan kualitas hard skill dan soft skill melalui pengembangan program teaching factory (tefa) di Smk Model Pgri 1 Mejayan. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 7(2).
Sandroto, C. W. (2021). Pelatihan: Pentingnya Soft Skill Untuk Kesuksesan Kerja Bagi Siswa-Siswi Sekolah Menengah Kejuruan. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1).
Sumar, W. T., & Razak, I. A. (2016). Strategi pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis soft skill. Deepublish.
Suryanto, D., Kamdi, W., & Sutrisno, S. (2014). Relevansi soft skill yang dibutuhkan dunia usaha/industri dengan yang dibelajarkan di Sekolah Menengah Kejuruan. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal teknologi, Kejuruan dan Pengajarannya, 36(2).
Widarto Noto Widodo, P. (2012). Pengembangan model pembelajaran soft skills dan hard skills untuk siswa SMK. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3.
Yanthy, E., Sudiyono, R. N., Waruwu, H., Agistiawati, E., & Purwanto, A. (2020). Pengaruh soft skills dan hard skill terhadap inovasi guru sekolah islam. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 199–215.
Yuniendel, R. K. (2018). Kontribusi Soft Skill dan Hard Skill dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 48–59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Imam Sucipto, Tri Wahyu Wirjawan, Ucok Darmanto Soer, Ahmad Gunawan, Suryadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.