PENERAPAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN HIDUP MANDIRI SANTRI DI PONDOK PESANTREN ROHMATUL UMMAH
Keywords:
Penerapan Metode Experiential Learning , Keterampilan Hidup Mandiri, SantriAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan hidup mandiri dan menginvestigasi efektivitas penerapan metode Experiential Learning dalam mengembangkan keterampilan hidup mandiri santri di Pondok Pesantren Rohmatul Ummah. Metode Experiential Learning, yang menekankan pada pembelajaran melalui pengalaman, diidentifikasi sebagai strategi potensial untuk membantu santri dalam mengembangkan keterampilan hidup mandiri yang esensial seperti pengambilan keputusan, manajemen waktu, dan kemampuan interpersonal.
Selain pelatihan terkait pentingya hidup mandiri, kami juga mewawancara, dan survei terhadap santri serta pengajar di Pondok Pesantren Rohmatul Ummah. Santri yang terlibat dalam program Experiential Learning menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan pengambilan keputusan, manajemen waktu, dan kemampuan interpersonal dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, pengajar dan santri melaporkan bahwa metode ini membantu dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan mendukung. Artikel ini memberikan kontribusi penting dalam literatur tentang pengembangan keterampilan hidup mandiri dalam setting pendidikan Islam tradisional dan menawarkan wawasan praktis bagi pengelola Pondok Pesantren Rohmatul Ummah dalam merancang dan menerapkan program pendidikan yang efektif.
References
Ariani, D. (2018). Model blended learning dengan menerapkan experiential learning. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1(2), 8–15.
Ashari, Y. (2012). Integrasi Pendidikan Pravokasional Sebagai Upaya Menyiapkan Lulusan yang Mandiri Di Era Global. Prosiding Seminas Competitive Advantage, 1(2).
Asy’ari, Q., Dwiaryanti, R., & Kunaifi, A. (2022). Experiential Learning dalam Pembelajaran Kewirausahaan di Perguruan Tinggi. EKOSIANA Jurnal Ekonomi Syari Ah, 9(1), 1–16.
Ermayani, T. (2015). Pembentukan Karakter Remaja Melalui Keterampilan Hidup. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2).
Gunawan, A., & Nugroho, A. T. (2021). Membangun Kesadaran Spiritual dan Mewujudkan Kekompakan Masyarakat Dengan Menghidupkan Pengajian di Tengah Masyarakat. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 2(01), 14-17.
Gunawan, A. (2020). Pelatihan digital entrepreneurship mewujudkan generasi milenial berjiwa wirausaha di sekolah SMA Desa Karangasih Cikarang. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 1(1), 38-45.
Irfianti, M. D., Khanafiyah, S., & Astuti, B. (2016). Perkembangan karakter peduli lingkungan melalui model experiential learning. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(3), 72–79.
Musdalifah, D. (2019). Metode Experiental Learning dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di SMA An Nuriyyah Bumiayu. Journal of Islamic Education Research, 1(01), 65–82.
Nurhasanah, S., Malik, A., & Mulhayatiah, D. (2017). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2(2), 58–62.
Prasetya, I. (2011). Telaah teoretis model experiential learning dalam pelatihan kewirausahaan program pendidikan non formal. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(2).
Setiawati, S., Syur’aini, S., & Ismaniar, I. (2019). Keterampilan Hidup Mandiri Sejak Dini: Metode Praktical Life Activities dalam Rangka Lingkungan Keluarga Sebagai Proses Mengembangankan Kemandirian Anak Usia 3-4 Tahun.
Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiential learning pembelajaran matematika MTs materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175–185.
Sulistyowati, R. (2007). Peran Metode Experiential Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 7(2).
Suwandi, A. (2017). PENGELOLAAN PROGRAM KETERAMPILAN HIDUP MANDIRI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI GODEAN. Hanata Widya, 6(5), 39–47.
Triyana, I. G. N. (2021). Pembelajaran Mandiri Perspektif Sosiologi Antropologi Pendidikan. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 5(1), 25–30.
WIDYATOMO, Y. (2021). HUBUNGAN ANTARA ISLAMIC WORK ETHIC DENGAN LEARNING AGILITY PADA KARYAWAN PESANTREN XYZ BOGOR. repository.mercubuana.ac.id. https://repository.mercubuana.ac.id/51773/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Gunawan, Rizqon Hoeroni, Nenda, Dadang Heri Kusumah, Karyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.