INOVASI UMKM: MENGANGKAT DESA PLUMBON MELALUI KREATIVITAS DAN AKUNTANSI DIGITAL

Authors

  • Syahrani Zukhrotul Firdaus Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Maritza Widiastuti Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Rosita Amalia Putri Hapsari Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Amin Sholekhah Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Ardian Prasetyo Utomo Universitas Sebelas Maret Surakarta

Keywords:

Pencatatan Keuangan, Akuntansi, Pemrograman Macro VBA, UMKM

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Plumbon. Ini dilakukan melalui beberapa inisiatif, seperti mengajarkan penggunaan aplikasi program angka dengan pemrograman Macro VBA untuk pencatatan akuntansi, memberikan keterampilan digital marketing melalui platform Shopee dan Instagram, serta menginspirasi kreativitas masyarakat dengan mendaur ulang kain perca menjadi produk bernilai jual. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menanamkan semangat kewirausahaan dan kepemimpinan pada mahasiswa yang terlibat.

References

Austin, Trecy. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Reuse Sampah Kain di Desa Pipa Putih Ogan Ilir pada Masa Covid 19. Jurnal Abdidas. 2 (2): 363–369 https://doi.org/10.31004/ abdidas.v2i2.281

Handayani, E., Sari, P. P., & Islami, M. J. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) oleh UMKM pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 10(2).

Kania, E., Akuntansi, J., & Bandung, P. N. (2021). Penyusunan_Laporan_Keuangan_Berdasarkan_SAK_EMKM Berbantuan Microsoft Excel Pada_UMKM Uncal.Co Arrangement of_Financial Statement Based on_SAK_EMKM Assisted by Microsoft Excel at MSMEs Uncal.Co Arry Irawan. Indonesian Accounting Literacy Journal, 1(2), 338–352

Listyoningrum, K. I, Zahrai, N. C. Pranoto, N. R., Frestiana, R., & Gracia, T. F. A. (2023). Pengembangan UMKM Desa berbasis pencatatan keuangan sederhana dan diferensiasi marketing guna meningkatkan penghasilan Masyarakat Desa Plumbon Kabupaten Karanganyar. Ruang Cendekia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (1). https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/ruang-cendekia/index

Mumtaha, Hani Atun dan Halwa Annisa Khoiri. (2019). Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce). Jurnal Pilar Teknologi : Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Teknik, 4.

Ningtiyas, J. D. A. (2017). Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro,Kecil dan Menengah (SAK EMKM) (Study Kasus Di UMKM Bintang Malam Pekalongan). Riset & Jurnal Akuntansi .Politeknik GANESHA Medan.

Nugroho, A., & Prihartini, B. A. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung Bakso Lumayan Pak Cipto Karanganyar. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 3 (3).

Pratama, B. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Melalui Pemanfaatan Teknologi Pada Pt. Prodia Diacrolaboratories. Jurnal STEI Ekonomi, 26(1).

Setiyani & Sri, Asnawati. (2020). Pemberdayaan Orang Tua Siswa Tk An-Nur Kabupaten Cirebon Melalui Keterampilan Rajut Tangan dan Access Market. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. 3 (2): 42-50

Tulus Tambunan. (2012). UMKM di Indonesia. Jakarta: Ghalia Indonesia

Rahmah, Z. Z., Rahmah, Y., Purnama, C., Fatmah, D., & Rahmah M. (2022). Strategi Peningkatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap Umkm Di Desa Kintelan (Studi Kasus Umkm Di Desa Kintelan Kelurahan Puri Kabupaten Mojokerto). Jurnal BUDIMAS, 4(1).

Chandra, G. (2002). Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi Ofset.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Syahrani Zukhrotul Firdaus, Maritza Widiastuti, Rosita Amalia Putri Hapsari, Amin Sholekhah, & Ardian Prasetyo Utomo. (2023). INOVASI UMKM: MENGANGKAT DESA PLUMBON MELALUI KREATIVITAS DAN AKUNTANSI DIGITAL . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(06), 1833–1844. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/335