PENGEMBANGAN PEMASARAN DIGITAL DI DESA PLUMBON: INOVASI DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Authors

  • Khrisnatian Natano'el Wibowo Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Femita Nur Ananda Victoria Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Ludfiyah Nuzully Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Kriswatmi Nur Tiyas Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Tiawanda Alif Nur Fajrina Universitas Sebelas Maret Surakarta

Keywords:

Pencatatan Keuangan, Akuntansi, Pemrograman Macro VBA, UMKM

Abstract

esatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah lanskap pemasaran, khususnya dalam bentuk pemasaran digital. Pemasaran digital menawarkan keunggulan yang signifikan, seperti kecepatan distribusi, evaluasi yang mudah, jangkauan yang luas, biaya yang terjangkau, dan pembangunan identitas merek. Media sosial, sebagai salah satu alat pemasaran digital, memungkinkan interaksi dua arah dan menjadi sarana efektif dalam promosi dan penjualan produk. Namun, penerapan pemasaran digital masih menghadapi hambatan aksesibilitas, pengetahuan, dan infrastruktur di lingkungan pedesaan. Kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Plumbon bertujuan untuk mengatasi hambatan tersebut. Dengan melibatkan berbagai pihak, kegiatan ini memperkenalkan konsep dan praktik pemasaran digital. Langkah-langkah strategis, termasuk workshop, pelatihan, pendampingan, dan pengembangan aplikasi sederhana, diadopsi untuk memberikan pemahaman dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Kolaborasi antara akademisi, praktisi, dan masyarakat setempat menjadi kunci dalam upaya meningkatkan kesadaran akan potensi pemasaran digital dan pembangunan ekonomi lokal.

References

Austin, Trecy. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Reuse Sampah Kain di Desa Pipa Putih Ogan Ilir pada Masa Covid 19. Jurnal Abdidas. 2 (2): 363–369 https://doi.org/10.31004/ abdidas.v2i2.281

Handayani, E., Sari, P. P., & Islami, M. J. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) oleh UMKM pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 10(2).

Kania, E., Akuntansi, J., & Bandung, P. N. (2021). Penyusunan_Laporan_Keuangan_Berdasarkan_SAK_EMKM Berbantuan Microsoft Excel Pada_UMKM Uncal.Co Arrangement of_Financial Statement Based on_SAK_EMKM Assisted by Microsoft Excel at MSMEs Uncal.Co Arry Irawan. Indonesian Accounting Literacy Journal, 1(2), 338–352

Listyoningrum, K. I, Zahrai, N. C. Pranoto, N. R., Frestiana, R., & Gracia, T. F. A. (2023). Pengembangan UMKM Desa berbasis pencatatan keuangan sederhana dan diferensiasi marketing guna meningkatkan penghasilan Masyarakat Desa Plumbon Kabupaten Karanganyar. Ruang Cendekia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (1). https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/ruang-cendekia/index

Mumtaha, Hani Atun dan Halwa Annisa Khoiri. (2019). Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce). Jurnal Pilar Teknologi : Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Teknik, 4.

Ningtiyas, J. D. A. (2017). Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro,Kecil dan Menengah (SAK EMKM) (Study Kasus Di UMKM Bintang Malam Pekalongan). Riset & Jurnal Akuntansi .Politeknik GANESHA Medan.

Nugroho, A., & Prihartini, B. A. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung Bakso Lumayan Pak Cipto Karanganyar. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 3 (3).

Pratama, B. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Melalui Pemanfaatan Teknologi Pada Pt. Prodia Diacrolaboratories. Jurnal STEI Ekonomi, 26(1).

Setiyani & Sri, Asnawati. (2020). Pemberdayaan Orang Tua Siswa Tk An-Nur Kabupaten Cirebon Melalui Keterampilan Rajut Tangan dan Access Market. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. 3 (2): 42-50

Tulus Tambunan. (2012). UMKM di Indonesia. Jakarta: Ghalia Indonesia

Rahmah, Z. Z., Rahmah, Y., Purnama, C., Fatmah, D., & Rahmah M. (2022). Strategi Peningkatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap Umkm Di Desa Kintelan (Studi Kasus Umkm Di Desa Kintelan Kelurahan Puri Kabupaten Mojokerto). Jurnal BUDIMAS, 4(1).

Chandra, G. (2002). Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi Ofset

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Khrisnatian Natano’el Wibowo, Femita Nur Ananda Victoria, Ludfiyah Nuzully, Kriswatmi Nur Tiyas, & Tiawanda Alif Nur Fajrina. (2023). PENGEMBANGAN PEMASARAN DIGITAL DI DESA PLUMBON: INOVASI DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(06), 1827–1832. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/334