MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE STORY TELLING PADA ANAK TUNAGRAHITA DI PANTI SOSIAL BINA GRAHITA HARAPAN IBU (PSBGHI) PADANG

Authors

  • Noni Febriana Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Dian Anggraini Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Asma Alhusna Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Keywords:

Metode Story Telling, Tuna Grahita

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah salah satu bentuk Tridharma Perguruan Tinggi. PKM ini diusulkan untuk melakukan kegiatan yang bersifat sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan perkembangan bahasa melalui metode story telling pada anak tunagrahita di panti sosial Bina Grahita Harapan Ibu di kota Padang. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu Anak-anak tunagrahita Meningkatkan Perkembangan Bahasa melalui Metode Story Telling yang mengalami gangguan kognitif sehingga memiliki kecenderung kesulitan dalam pelafalan kosakata. Penyuluhan ini menggunakan media audio-visual untuk menarik perhatian anak sehingga mereka dapat memahami pelajaran dengan mudah. Tujuan pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan perkembangan kosakata atau bahasa pada anak tunagrahita atau berkebutuhan khusus melalui metode story telling. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dalam beberapa kegiatan yaitu tahap survei yaitu dengan menyusun berbagai hal yang akan disampaikan pada saat kegiatan pengabdian yang akan dilakukan yang meliputi: penyusunan materi yang akan diberikan, penyusunan jadwal pemberian materi, pembagian tugas tim pengabdian dan survei ke lokasi pengabdian. Tahap selanjutnya yaitu sebelum kegiatan pengabdian dilaksanakan terlebih dahulu dilakukan tahap sosialisasi yaitu melakukan silaturahmi dengan pimpinan yayasan Bina Grahita Harapan Ibu kota Padang, menyampaikan maksud dan tujuan pengabdian ini. Pada tahap ini juga dilakukan jalinan kerjasama dan menentukan jadwal kegiatan pengabdian. 

References

Agustina, A. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IX SMP Melalui Media Pembelajaran Rangsang Gambar. BaJET (Baturaja Journal of Education Technology). http://journal.unbara.ac.id/index.php/ BaJET/article/view/40 Agustina, F. (2020).

Aspiana, A., Gunayasa, I. B. K., & Tahir, M. (2021). Pengaruh Metode Story Telling Terhadap Kemampuan Berbicara Peserta Didik Gugus III Jonggat Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dasar. https://jurnal.educ3.org/index.php/pen dagogia/article/view/36

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis (Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa). Bandung: Angkasa

LPPM-UPI YPTK, Kegiatan PKM dan Sumber Pembiayaannya.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Noni Febriana, Dian Anggraini, & Asma Alhusna. (2023). MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE STORY TELLING PADA ANAK TUNAGRAHITA DI PANTI SOSIAL BINA GRAHITA HARAPAN IBU (PSBGHI) PADANG. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(06), 1811–1818. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/331