PENDAMPINGAN PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK UNTUK GURU – GURU DI KULON PROGO

Authors

  • Wahyu Kurniawati Universitas PGRI Yogyakarta
  • Dina Salsa Bila Universitas PGRI Yogyakarta
  • Rendi Alfian Susanto Universitas PGRI Yogyakarta

Keywords:

Pelatihan, Pop Up Book, Media Pembelajaran

Abstract

Kegiatan pengabdian ini berupa pelatihan membuat Pop Up Book kepada guru-guru SD wilayah Kapanewon Nanggulan dan Kalibawang yang bertujuan agar mengenal Media Pembelajaran Pop Up Book serta dapat menerapkannya dalam proses pembelajaran agar lebih efektif dan efisien. Metode kegiatan meliputi empat tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pengenalan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Tahap persiapan meliputi pembuatan sampel, dan pendataan peserta pelatihan. Tahap pengenalan meliputi penyampaian materi terkait pengenalan alat dan bahan serta Teknik pembuatan Pop Up Book. Tahap pelaksanaan meliputi penyusunan Rancangan Pembuatan Media Pembelajaran, praktik pembuatan Pop Up Book, dan mempresentasikan hasil Pop Up Book. Tahap evaluasi yaitu finishing Pop Up Book, presesntasi Pop Up Book, dan refleksi penyusunan proyek. Hasil capaian peserta pelatihan adalah meningkatnya pengetahuan peserta dengan rata-rata lebih dari 60% pada setiap kegiatan pokok. Manfaat yang dirasakan oleh peserta diantaranya peserta mampu dan terampil dalam pembuatan media pembelajaran berupa Pop Up Book yang sesuai dengan materi pembelajaran. Dari pelaksanaan kegiatan dapat disimpulkan bahwa pelatihan dalam membuat media pembelajaran perlu dikembangkan media yang inovatif dan memiliki visualisasi yang menarik. Oleh karena itu peran guru khususnya keterampilan dalam menyusun media tersebut sangat diperlukan.

References

Febriyanti, E., Kusmarni, Y., & Ma'mur, T. (2021). Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Sejarah Daring (Studi Deskriptif Terhadap Guru Sejarah SMA Di Kota Bandung). FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 10(2), 147-154.

Isnaini, P. G. S. D., & Wahyu Kurniawati, U. P. Y. (2022). Pengembangan Media Kolibin (Kolam Lintasan Mobil dan Pohon) Untuk Mereduksi Miskonsepsi Pada Siswa Kelas IV SD Giriwungu. Universitas PGRI Yogyakarta.

Pramana, Takari Chandra. 2015. “Pengembangan Media Komik Sebagai Bahan Ajar IPA Materi Hubungan Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pondowoharjo Sleman.” Repository Universitas PGRI Yogyakarta 3(2): 11. http://repository.upy.ac.id/157/.

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 173-181.

Rahmanda, F., & Maharani, S. (2022). PERAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(1), 40-49.

Rozie, F. (2018). Persepsi guru sekolah dasar tentang penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu pencapaian tujuan pembelajaran. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 99.

Suryaningsih, Heni, and Wahyu Kurniawati. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Sumber Daya Alam Berbasis Lectora Inspire Pada Siswa Kelas Iv Sd Pundung Imogiri Bantul.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1–8.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Wahyu Kurniawati, Dina Salsa Bila, & Rendi Alfian Susanto. (2023). PENDAMPINGAN PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK UNTUK GURU – GURU DI KULON PROGO. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(06), 1763–1773. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/327