MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI MASA KABUT ASAP MELALUI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DI KELURAHAN KARYA JAYA BERSAMA MAHASISWA KKN

Authors

  • Masnunah Universitas PGRI Palembang
  • Adela Puspita Sari Universitas PGRI Palembang
  • Alfina Sundari Universitas PGRI Palembang
  • Ariyanti Universitas PGRI Palembang
  • Indah Anisah Safitri Universitas PGRI Palembang
  • Made Dadra Ramadhan Universitas PGRI Palembang
  • Melati Kurnia Universitas PGRI Palembang
  • Muhammad Rezky Universitas PGRI Palembang
  • Roy Anugraha Universitas PGRI Palembang
  • Sri Agustina Universitas PGRI Palembang

Keywords:

Pendidikan, Bimbingan Belajar, Motivasi Belajar

Abstract

Pendidikan sangat penting sebagai sarana untuk memenuhi     kebutuhan masyarakat miskin dan tahap awal perkembangan anak. Saat ini, pemerintah sedang mempertimbangkan untuk memberlakukan undang- undang yang mewajibkan pembelajaran jarak jauh (pembelajaran online) atau mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan siswa di kelas. Oleh karena itu, pembelajaran di kelas cukup tidak konsisten dan dapat berdampak negatif terhadap motivasi belajar anak. Motivasi individu sangatlah penting karena dapat mempengaruhi kinerja seseorang dalam berbagai bidang, termasuk dalam kegiatan belajarnya. Motivasi dapat berfungsi sebagai panduan untuk mencapai hasil yang diinginkan. dengan menggunakan senam irama.

References

Ahmadi, A., & Nuruhbiyati. 2015. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Aisyah, S. 2012. Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Husnul Qodim, 2021. Petunjuk Teknis KKN DR 2021. Bandung: Pusat Pengabdiankepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdiankepada Masyarakat UIN SunanGunungDjati Bandung.

Khosasih, M. I. (2020). Pemberian motivasi belajar di SMPN 2 Pare Kabupaten Kediri. Journalof Community Engagement in Health, 3(2), 189-193. https://doi.org/10.30994/jceh.v3i2.65

Khosasih, M. I. (2020). Pemberian motivasi belajar di SMPN 2 Pare Kabupaten Kediri. Journalof Community Engagement in Health, 3(2), 189-193.

Nurlinggasari, D., Achmad, A., & Marpaung, R. R. T. (2017). Hubungan bimbingan belajar di luar sekolah dan motivasi dengan prestasi belajar biologi. Jurnal Bioterdidik, 5(7) 1-12.

OkkaAdiyanto, 2018. JurnalPemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdiankepada Masyarakat Vol. 2, No. 2, Agustus 2018, Hal. 333-340 ISSN: 2088 4559;

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudarti, TrapsiloPrihandono, Sugiyanto, HeniRuspitasari. 2021 PENDAMPINGAN BELAJAR DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI DESA WALIKUKUN, KECAMATAN WIDODAREN, KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (e-ISSN. 2614-7939) Vol. 4 No. 1, Februari 2021sChicago Manual of Style 17th edition (full note) ONLINE CITATION John L. Campbell and Ove K. Pedersen, “The Varieties of Capitalism and Hybrid

Sudjana, N. 2014. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rodaskarya.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Masnunah, Adela Puspita Sari, Alfina Sundari, Ariyanti, Indah Anisah Safitri, Made Dadra Ramadhan, Melati Kurnia, Muhammad Rezky, Roy Anugraha, & Sri Agustina. (2023). MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI MASA KABUT ASAP MELALUI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DI KELURAHAN KARYA JAYA BERSAMA MAHASISWA KKN. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(06), 1755–1762. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/326