PENDAMPINGAN MEMBACA AL-QURAN DENGAN METODE IQRO KEPADA SISWA DALAM MENGATASI BUTA AKSARA DI SDN 26 KUAMANG
Keywords:
Al-Quran, Metode, IqroAbstract
Latar belakang di adakan Pendampingan baca tulis Al- Quran ini karena kurangnya kemampuan peserta didik dalam membaca huruf AL-Quran di SDN 26 kuamang kecamatan VII koto kabupaten tebo. Tujuan pendampingan ini memberikan pelatihan baca tulis al-qur’an dengan menggunakan metode iqro dalam rangka meningkatkan kemahiran baca tulis al-qur’an peserta didik kelas 1 dan 2 di SDN 26 kuamang serta mengembangkan mekanisme pembelajaran menjadi efektif dan efesien. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini pendekatan Participatory Action Research (PAR) dengan pembagian kelompok belajar dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari kelompok putra dan kelompok putri, setiap kelompok disesuaikan dengan kemampuan membaca dari iqro 1-6. Hasil pendampingan menunjukan adanya peningkatan kemampuan peserta didik dalam hal baca tulis al-quran menggunakan metode iqro. Selain itu, tercipta pula sistematika pembelajaran yang efektif dan efesien yang diterapkan di SDN 26 kuamang dengan sistem pembelajaran berkelompok.
References
Dan Pencerahan, 17(1).
Fahrianur, F., Wahdah, N., Muslimah, M., & Hamidah, H. (2022). Pendampingan Belajar Al-Qur’an Dengan Penerapan Metode Iqra’Di Tpa Al-Muhajirin Sidomulyo Kelurahan Tumbang Tahai. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(3), 237–244.
Fitriani, Z. (2018). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri 31 Pagaralam. Muaddib: Islamic Education Journal, 1(1), 53–62.
Kustianingrum, A. (2020). Peranan Metode Iqro’Pada Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak. Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), 2(1). http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/1054
Masrikah, A., & Rusdiana, F. K. (2021). Implementasi Metode Iqra’Dalam Pengajaran Al-Qur’an Di Madrasah Diniyah Awaliyyah “Al-Ikhlas” Bendosukun Desa Slaharwotan Lamongan. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 87–94.
Mauludiah, A. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Al-Quran Anak melalui Metode Iqra pada Siswa Kelas V SDN 063 Inpres Lagi-Agi. https://www.jurnalsdn028pekkabata.web.id/index.php/tongguru/article/view/49
Parihin, P., Hammad, R., Latif, K. A., Rismayati, R., Suriyati, S., Fadli, H., & Primajati, G. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran dengan Metode Iqro’untuk Anak Usia 3-10 Tahun. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(1), 113–120.
Ramadhan, D., Atmajaya, F., Wahid, H. A., Maolana, F. N., & Mardiansyah, Y. (2021). Pelatihan Membaca Al-Qur’an Metode Iqro di Masjid Al-Muttaqin Kecamatan Cigedug Garut. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(59), 98–108.
Yakin, A., Ferdiyansyah, F., Ghani, F. A., & Daus, C. R. (2022). PKM Akselerasi Baca Tulis Al-Quran terhadap Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran dengan Metode Iqra’dan Tartila di Madrasah Diniyah Raudlatul Muta’allimin Kraksaan. GUYUB: Journal of Community Engagement, 3(3), 268–288.
Yudha, F., Aziz, A., & Tohir, M. (2021). Pendampingan Siswa Terdampak Covid-19 Melalui Media Animasi Sebagai Inovasi Pembelajaran Online. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 964–978.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhamad Azmy, Martin Kustati, Gusmirawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.