PELATIHAN PEMANFAATAN SASTRA DAERAH (FOLKLOR) YANG RELEVAN SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA KOTA TASIKMALAYA
Keywords:
Sastra Daerah, Bahasa IndonesiaAbstract
Tujuan pengabdian pada masyarakat ini mengusung judul ”Pelatihan Pemanfaatan Sastra Daerah (Folklor) yang Relevan sebagai Bahan Ajar Sastra dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik pada MGMP Bahasa Indonesia SMA Kota Tasikmalaya”. Kegiatan yang dilakukan 1)memberi pelatihan tentang pemanfaatan sastra daerah, 2)Meningkatkan inovasi guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam memberikan bahan ajar, 3)Mendokumentasikan naskah pilihan yang selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan ajar. Pelaksanaan Pengabdian bagi Masyarakat ini dilaksanakan pada kelompok guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia se-kota Tasikmalaya. Metode pelaksanaan kegiatan PbM-PKM ini adalah : a) Melakukan wawancara kepada Anggota Kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, b) Pelatihan dan praktik kegiatan tentang pemanfaatan Sastra Daerah kemudian Mitra diberikan lembar kuisioner yang berisi pertanyaan post-test. Pada akhir kegiatan dilakukan evaluasi untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan kegiatan, baik dari segi teori, maupun kebermanfaatan yang diperoleh oleh guru.
References
Anipudin dkk. 2012. Bahasa dan Sastra Indonesia. Solo: PT Serangkai Pustaka.
Arikunto,S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
PT Asdi Mahastya.
Chaer, Abdul. 2012. Lingustik Umum. Yogyakarta : Rineka Cipta.
Dalman. 2011. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT RajaGrafindo persada
Kosasih. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.
Kusumaningsih, D., Wahono, S., Suparmin, Titik, S. & Bambang, T. 2013.
Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Shinta Rosiana, Budi Riswandi, Adita Widara Putra, Yuni Ertinawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.