PENDAMPINGAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MELALUI KEGIATAN MAHARDIKA MENGAJAR DI NAGARI SARIAK ALAHAN TIGO KABUPATEN SOLOK
Keywords:
Pendampingan, Pendidikan Karakter, Mahardika MengajarAbstract
Tujuan dari pendampingan pendidikan karakter adalah untuk memberikan pendampingan pendidikan karakter kepada anak agar anak memiliki karakter yang sesuai dengan jati dirinya melalui kegiatan Mahardika Mengajar. Pendidikan karakter adalah usaha menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik kepada seseorang. Karakter sangat erat hubungannnya dengan nilai nilai agama, kejiwaan, akhlak dan budi pekerti seseorang yang membedakan terhadap yang lainnya. Di era globalisasi ini, marak terjadi pergeseran moral yang mengakibatkan hilangnya karakter anak-anak Indonesia. Untuk itu perlu semua pihak termasuk mahasiswa turut adil dalam membangun pendidikan karakter pada anak, sehingga anak-anak Indonesia dapat menjadi individu yang memiliki karakter yang sesuai dengan jati diri bangsanya. Metode yang digunakan dalam kegiatan pendampingan pendidikan karakter yaitu Service Learning (SL) dengan langkah – langkah : 1. Volunteer mahardika mengajar memberikan pengajaran dalam bentuk cerita lalu diskusi dengan anak, 2. Volunteer Mahardika mengajar memberikan projek kepada anak dan anak mengerjakan projek, 3. Volunter Mahardika mengajar melakukan monitoring terhadap karakter anak. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada libur semester. Dalam kegiatan ini yang didapatkan anak pada hari pertama yaitu anak mendapatkan cerita tentang karakter, pada pertemuan kedua mendaptkan pelatihan bakat dan minat, pada pertemuan ketiga menentukan skill yang ingin mereka kembangkan, pada pertemuan keempat anak dibantu untuk mengembangkan skill nya dan pada pertemuan ke lima anak sudah bisa tampil di depan umum akan bakat yang mereka miliki. Berdarsakan kegiatan pendampingan yang dilakukan bahwasanya karakter anak ditentukan oleh diri, lingkungan sekitar, dan apa yang mejadi kebiasaan anak.
References
Ainissyifa, H. (2017). Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 1–26.
Ardana, D. M. J. (2019). PERANAN KOMUNIKASI STAF DALAM SOSIALISASI PROGRAM KERJA DI PUSKESMAS TEJAKULA II KECAMATAN TEJAKULA. Locus, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.37637/locus.v11i1.274
Chamisijatin, L., & Zaenab, S. (2022). Penguatan pendidikan karakter berbasis literasi melalui pendampingan lesson study di SMP Muhammadiyah 02 Kota Batu. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 10–24.
Hasan, S. H. (2012). Pendidikan sejarah untuk memperkuat pendidikan karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/paramita/article/view/1875
Helma, S. S., Kamila, I., Mustakim, M., Anglenia, P., & Z, U. R. (2019). Penerapan Metode SMARTER untuk Penentuan Hasil Open Recruitment Anggota Puzzle Research Data Technology (Predatech). Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri, 0, Article 0.
Hidayat, H., Yarshal, D., & Suratno, S. (2019). Pendampingan Pendidikan Karakter Melalui Gugusdepan. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 390–395.
Jayanti, I. T., Cahyo, A. N., Setyaningsih, E., Purnomo, E., Winarti, A., & Mawardi, M. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Religius di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Nurul Yaqin Desa Jagoan. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 69–79.
Lathifah, Z. K., Fauziah, R. S. P., Kholik, A., Aminulloh, M., Utami, I. I. S., Efendi, I., & Gunadi, G. (2022). Pendampingan Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Berorientasi Pelajar Pancasila. Warta LPM, 164–174.
Pandanwangi, A., Dewi, B. S., Rianingrum, C. J., & Wilastrina, A. (2023). PELATIHAN MEMBUAT BATIK DIATAS KAYU DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE LEARNING DI SMA KEBANGSAAN-TANGGERANG SELATAN. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.38048/jailcb.v4i1.1411
Pemahaman “Who am I” sebagai Upaya Mengetahui Potensi Diri | JCSE: Journal of Community Service and Empowerment. (n.d.). Retrieved October 17, 2023, from
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Debi Yandrizal, Martin Kustati, Gusmirawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.