PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN TAHFIDZ MENGGUNAKAN METODE TALAQQI KELAS XI DI SMK KESEHATAN GENUS SUMATERA BARAT
Keywords:
Pendampingan, Metode, Talaqqi, TahfizhAbstract
Pendampingan ini bertujuan untuk membantu peserta didik dalam menghafal ayat Al-Qur’an dalam program ekstrakurikuler Tahfidz terutama juz 30. Pendampingan ini dilatarbelakangi karena masih banyak kekurangan peserta didik terutama kelas XI dalam melafalkan ayat Al-Qur’an yang tidak sesuai dengan kaidah tajwid yang benar sehingga membuat peserta didik kesulitan dalam menghafal ayat. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini adalah Metode Talaqqi. Metode Talaqqi merupakan metode yang tepat dari sekian banyak metode menghafal Al-Qur’an. Metode ini dilaksanakan dengan pendidik memulai membaca sepotong ayat kemudian dilanjutkan dengan peserta didik mengulang kembali bacaan yang dibaca oleh pendidik terlebih dahulu. Metode pelaksanaan ini yaitu dengan metodelogi PAR (Participary Action Research ) merupakan pendekatan yang prosesnya bertujuan untuk pembelajaran dalam mengatasi masalah dan pemenuhan kebutuhan praktis masyarakat, serta produksi ilmu pengetahuan. Hasil dari pendampingan dengan menggunakan Metode Talaqqi ini adalah bahwa peserta didik dalam melafalkan ayat Al-Qur’an sudah memenuhi bacaan kaidah tajwid yang benar. Dari segi hafalan peserta didik mudah menghafalkan ayat Al-Qur’an.
References
Afifah, M. N., Aep Saepudin, & Huriah Rachmah. (2022). Implementasi Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2), 515–522.
Anwar, K. (2021). Urgensi evaluasi dalam proses pembelajaran. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1).
Ardhi, A. S., & Warmansyah, J. (2023). OPTIMALISASI HAFALAN AL-QUR’AN ANAK USIA DINI: STUDI PENERAPAN METODE TALAQQI DI MDTA MASJID ISTIGHFAR KOTO TUO, LIMAPULUH KOTA. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 6(2).
Fadhila, A. R., Husni, A., Aprison, W., & Iswantir, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Talaqqi di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Journal on Education, 5(3), 6758–6767.
Hakim, A., Garancang, S., Chalik, S. A., & Ahmad, M. (2023). Pendampingan dan Pelatihan Menghafal Al-Qur’an untuk Mengembangkan Program Tahfiz di Pesantren Sultan Hasanuddin, Gowa. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2).
Ifadah, R., Rahmah, E. N., & Fatimah, F. S. N. (2021). Penerapan Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Siswa MI. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 4(01), 101–120.
Jessieca Annisa Meygamandhayanti & Aep Saepudin. (2022). Implementasi Metode Talaqqi melalui Pembelajaran Hybrid pada Mata Pelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 73–80.
Keswara, (2017). Pengelolaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an (menghafal al-Qur’an) di Pondok Pesantren AL Husain Magelang, 6(2), 62-73.
M. Roihan D., (2017). Studi Pendekatan Al-Qur'an. 1(1), 31-45.
Mahmud A.D., (2016). Keutamaan-Keutamaan Al-Qur'an. Alukah.
Masni, H. (2017). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34–45.
Mawarni, E. S., Subarkah, I., & Fatimah, S. (2022). Penggunaan Metode Talaqqi Melalui Pembiasaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Kelas 3 di SD Negeri Kambangsari Kecamatan Alian, Kebumen. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(2), 49.
Muhammad Y., Ade J., (2016). Studi Al-Qur’an. Pekanbaru: CV. Asa Riau
Mutammimul U., Risawandi, Rosdian, (2019). Sistem pengenalan dan penerjemahan alQur'an surah al-Waqi'ah melalui suara menggunakan Transformasi Sumudu. 11(1), 104-113.
Nabil, A. (2017). Berpedoman Kepada Al-Qur'an dan As-Sunnah. Pustaka Arafah.
Nurjati, Syekh. (2013). Metode Tahfiz Al-Qur'an (Studi Komparatif Metode Tahfiz Al-Qur'an di Pondok Pesantren Madrasah al-Hufadz II Gedingan Ender, Pangenan Cirebon Dengan Pondok Pesantren Tahfiz Qur'an Terpadu Al-Hikmah Bobos, Dukupuntang Cirebon), Holistik 14(2), 162-163.
Rizalludin, A. (2019). Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahsin Dan Tahfiz Al-Qur’an. Khazanah Pendidikan Islam, 1(1), 33–37.
Suwendi, (2016). Relasi Agama dan Negara, Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementrian Agama RI.
Yudha, F., Aziz, A., & Tohir, M. (2021). Pendampingan Siswa Terdampak Covid-19 Melalui Media Animasi Sebagai Inovasi Pembelajaran Online. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 964–978.
Yusron M., (2018). Implikasi Psikologis Bagi Penghafal Al-Qur'an. 18(1), 18-35.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Faiz, Martin Kustati, Gusmirawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.