SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN STRATEGI LITERASI BAGI GURU SDN LINDUK KECAMATAN PONTANG
Keywords:
Literacy Strategy, Teacher, Elementary School, Strategi Literasi, , Guru, , Sekolah DasarAbstract
Melihat masih rendahnya tingkat literasi siswa disekolah, agar siswa tidak tertinggal dalam perkembangan-nya, peningkatan kemampuan literasi siswa benar-benar diperlukan. Untuk itu, guru perlu mengetahui strategi-strategi literasi apa saja yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi literasi. Pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk mensosialisasikan strategi literasi dan memberikan pendampingan terhadap guru sehingga memberikan alternatif solusi terhadap strategi literasi yang dapat diterapkan di SDN Linduk Kecamatan Pontang. Metode pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan penyampaian materi, dan diskusi evaluasi. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi literasi yang diterapkan di sekolah dasar dalam meningkatan pemahaman siswa, terdiri atas 3 tahap yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Faktor pendukung adalah semangat peserta didik, dukungan guru, adanya fasilitas fisik dan sarana prasarana, serta anggaran yang memadai. Faktor penghambat adalah masih adanya peserta didik kurang bersemangat, rendahnya pemahaman dan kesadaran guru terhadap pentingnya kegiatan literasi, keterbatasan sarana fisik, dan kurangnya dana yang dimiliki sekolah.
References
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 15. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965
Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Faizah, D. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Kemendikbud.
Grabe, W., & R., K. (1992). Introduction to Applied Linguistics. Introduction to Applied Linguistics.
Graff, H. J. (1986). Literacy. Microsoft® Encarta® [DVD]. WA: MicrosoftCorporation 2005.
Irdawati, Yunidar, & Darmawan. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 1–14. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2918
Mullis, Martin, M. O., & Ina V.S. (2013). TIMSS and PIRLS 2011 : Relationships Among Reading, Mathematics, and Science Achievement at the Fourth Grade —Implications for Early Learning. https://pirls.bc.edu/timsspirls2011/downloads/TP11_Relationship_Report.pdf
Sulbzy. (1986). Literacy Strategies for Grade 4-12: Reinforcing Threads of Reading. Association for Supervison Curriculum Develompment.
Sutikno, M. . (2006). Pendidikan Sekarang dan Masa Depan. NTP Press.
Zuchdi, & Budiasih. (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. PAS.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ana Nurhasanah nurhasanah, Yuni Maryuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















