PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA GURU SMA RAMU IBS KOTA BOGOR

Authors

  • Ayi Abdurahman Universitas Nusa Putra

Keywords:

Pelatihan,, Model Pembelajaran STAD, Peserta didik

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk memberikan pelatihan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan lokus di SMA RAMU IBS Bogor. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain deskriftif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapat dari lapangan, dikumpulkan lalu dianalisa dan di tarik simpulan untuk menentukan hasil dan makna. Penelitian ini pokok bahasannya meliputi pemahaman dan hasil implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dimana Guru membentuk kelompok belajar dan peserta didik melakukan kerjasama dalam kelompok kecil yang beranggotakan 4-5 orang dengan struktur kelompoknya beragam kemampuan dengan tahapan yang sitematis. Peserta didik dalam melaksanakan model pembelajaran tipe STAD akan memiliki pengalaman belajar berkelompok dengan orang yang berbeda kemampuan dimana didalamnya ada prilaku adaptasi pada setiap diskusi yang menstimulus tumbuhnya pengayaan ilmu pengetahuan, critical thinking, deep thinking dan hasil belajar.

References

Innayah Wulandari Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia. E-mail: innayahwulandari895@gmail.com. Jurnal Papeda: Vol 4, No 1, Januari 2022 ISSN 2715 – 5110.

Slavin, Robert.E. (2015). Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media. https://serupa.id/modelpembelajaranstad/https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/11980/3/T1_292010071BAB%20II.pdf

R. I. Segundo Marcos, V. López Ferández, M. T. Daza González, dan J. Phillips-Silver, “Promoting children’s creative thinking through reading and writing in a cooperative learning classroom,” Think. Ski. Creat., vol. 36, no. June 2019, hal. 100663, 2020, doi: 10.1016/j.tsc.2020.100663.

K. Eddles-Hirsch, S. Kennedy-Clark, dan T. Francis, “Developing creativity through authentic programming in the inclusive classroom,” Educ. 3-13, vol. 0, no. 0, hal. 1–10, 2019, doi: 10.1080/03004279.2019.1670714.

Endang Sri Handayani, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Peta Konsep Pada Materi Persamaan Kuadrat Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas X SMA Di Kabupaten Kudus. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2018) hal.18. ISSN 2615-3939 IAIN Kudus http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jmtk.

M. Tamrin1 dan Hidayati Azkiya (2019) PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SEKOLAH DASAR GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 3, No. 2, Desember 2019 ISSN 2598-6147 (Cetak) ISSN 2598-6155 (Online)

Elyza Martirini1, Asti Ramadhani Endah Lestari2. Model Pembelajaran Kooperatif dalam Pengabdian Kepada Masyarakat di Kota BekasiJPP IPTEK November 2018, Vol. 2, No. 2 ISSN 2620-7745 (online) http://dx.doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i2.218

Esminarto1 , Sukowati2 , Nur Suryowati3 , Khoirul Anam4 IMPLEMENTASI MODEL STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIWA 1,2SDN Ngasem Kediri, 3 SDN Badar 2 Kediri, 4 SDN Gogorante. Email: 1 isminartoisminarto@gmail.com, 2 suryowa@gmail.com, 3sitipatimah844@gmail.com, 4 khoirul6301@yahoo.com BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Volume 1 Nomor 1, November 2016

Normasintasari Kusumawardani1*, Joko Siswanto2, Veryliana Purnamasari3 index Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 2, Number 2, Tahun 2018, pp. 170-174 P-ISSN: 2579-3276 E-ISSN : 2549-6174 Open Access: ttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index 123Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang.

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. (2015). “Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru”. Jakarta: Kata Pena. https://serupa.id/model pembelajaran-stad/

Downloads

Published

2023-02-19

How to Cite

Ayi Abdurahman. (2023). PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA GURU SMA RAMU IBS KOTA BOGOR. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 161–170. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/30