PRAKSIS KONSELING ADIKTIF SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL GURU BIMBINGAN KONSELING

Authors

  • Aniek Wirastania Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Jahju Hartanti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ayong Lianawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sutijono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Konseling, Adiktif, Kompetensi Sosial

Abstract

Konselor merupakan sebuah profesi profesional yang bertugas untuk membantu para siswa dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi saat ini. Salah satu layanan utama yang harus dilakukan dan menjadi bagian inti dalam tugas konselor adalah melakukan layanan konseling yang efektif. konseling adiksi adalah kegiatan konseling yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan adiktif, sehingga mewajibkan konselor untuk memiliki kemampuan dalam memahami tingkah laku, motivasi, serta mengetahui bagaimana perasaan konseli. Salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki konselor adalah kompetensi sosial. Kompetensi sosial ini memberikan pengaruh yang penting dalam pembinaan hubungan antara konselor dan konseli dalam kegiatan konseling terutama untuk mengatasi permasalahan adiktif supaya upaya pencegahan dan pengentasan dapat

 

 

dilakukan dengan baik. Berdasarkan pada pelaksanaan kegiatan pengabdian pada Masyarakat didapatkan hasil bahwa praksis konseling adiktif dapat memberikan manfaat bagi guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kompetensi sosial guru Bimbingan dan Konseling terutama dalam menunjang keefektifan untuk mengatasi permasalahan adiktif pada siswa.

References

Dalem, A. (2015). Konseling Adiksi Narkoba Dengan Menerapkan Komunikasi Interpersonal. Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi, 10(1). http://103.207.99.162/index.php/ilkom/article/view/85

Fakhrozi, M. I., Wahyumiani, N., & Nurkholidah, E.(2023). Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kecanduan bermain game online pada siswa sekolah menengah pertama. JPGI Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 8(1). https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/view/3126

Kaye, Cathryn Berger. (2010). The complete Guide to Service Learning: Proven, Practical Ways to Engage Students in Civic Responsibility, Academic Curriculum&Social action. USA: Free Spirit Publishing

Kusuma, R. H. (2020). Penerapan Konseling Adiksi Narkoba di Balai Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Tanah Merah Samarinda. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 1. https://doi.org/10.29240/jbk.v4i1.1375

Rantekata, N. A., & Nurjannah, N. (2022). Upaya Konselor Adiksi dalam Mengatasi Kejenuhan Residance Pecandu NAPZA. Palita: Journal of Social Religion Research, 7(2), 97–114. https://doi.org/10.24256/pal.v7i2.2800

Yewale, D. P., Rathi, Dr. R., & Mate, D. S. (2023). Gadget Addiction in Children and Its Management Through Ayurveda: A Review Article. International Journal of Life Science and Pharma Research. https://doi.org/10.22376/ijlpr.2023.13.5.L90-L97

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Wirastania, A., Hartanti, J., Lianawati, A., & Sutijono. (2023). PRAKSIS KONSELING ADIKTIF SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL GURU BIMBINGAN KONSELING. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(06), 1648–1655. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/291