PENDAMPINGAN SISWA-SISWA BERMASALAH MELALUI KONSELING INDIVIDUAL DI SUNGAI GERINGGING
Keywords:
Pendampingan, Siswa Bermasalah, Konseling IndividualAbstract
Tujuan pendampingan ini adalah untuk memberikan pendampingan kepada siswa yang memiliki masalah dilingkungan sekolah, agar terbentuknya perubahan akhlak dan perilaku menjadi lebih baik. Permasalahan yang terjadi pada siswa cenderung terjadi karena persoalan komunikasi yang kurang baik dan pengaruh pergaulan diluar sekolah sehingga membawa dampak yang tidak baik terhadap sikap dan perilaku siswa. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini yaitu pendekatan Partisipatory Aktion Research melalui konsseling Individual. Tahapan pendampingan ini adalah pertama, wawancara kepada siswa untuk melihat kejujuran dari masing-masing siswa. kedua, dilakukan pemanggilan orang tua untuk dimintai terkait perilaku siswa, terutama perilaku diluar jam sekolah, Ketiga, pengambilan tindakan dengan memberikan penjelasan penyebab dan akibat permasalahan yang terjadi dengan diberikan Funishment kepada siswa yang terlibat. Hasil dari pendampingan adalah dengan adanya konseling individual permasalalahan yang sedang dialami oleh siswa, sehingga sumber dan penyebab masalah lebih terlihat jelas sehingga memudahkan mententukan tindakan yang sesuai untuk membentuk perubahan sikap dan perilaku siswa
References
Aisyah, U., & Prameswarie, L. (2020). Konseling Individual Bagi Anak Korban Pemerkosaan Di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan Dan Anak (P2tp2a) Kabupaten Tanggamus. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 8(2), 133–146. Https://Doi.Org/10.15575/Irsyad.V8i2.1971
Arumsari, C. (2016). Konseling Individual Dengan Teknik Modeling Simbolis Terhadap Peningkatan Kemampuan Kontrol Diri. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1). Https://Doi.Org/10.24176/Jkg.V2i1.549
Busmayaril, B., & Umairoh, E. (2018). Mengatasi Perilaku Membolos Peserta Didik Menggunakan Konseling Individual. Konseli: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 5(1), 35–44.
Ernilah, E., Toharudin, M., & Wahid, F. S. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 3(02), 158–166.
Fatchurahman, M. (2018). Problematik Pelaksanaan Konseling Individual. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 3(2), 25–30.
Fitri, A., Wismanto, W., Nursikin, M., Mashuri, M., & Amin, K. (2023). Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membimbing Siswa Bermasalah Di Sd Islam Al-Rasyid Pekanbaru. Journal On Education, 5(3), 9710–9717.
Gunawan, A. R., & Amalia, R. (2022). Peran Guru Pai Dalam Bimbingan Konseling Siswa Bermasalah Di Sma 1 Tambun Utara Kabupaten Bekasi. Eduprof: Islamic Education Journal, 4(1), 32–47.
Istati, M. (2021). Konseling Individual: Sebuah Pengantar Keterampilan Dasar Konseling Bagi Konselor Pendidikan. Banjarmasin: Guepedia.
Nugraha, R. M., & Azizah, F. N. (2019). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menciptakan Kesadaran Diri Peserta Didik Mengikuti Layanan Konseling Individual. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(2), 73. Https://Doi.Org/10.22460/Fokus.V2i2.4372
Qomar, M. N., Karsono, L. D. P., Aniqoh, F. Z., Aini, C. N., & Anjani, Y. (2022). Peningkatan Kualitas Umkm Berbasis Digital Dengan Metode Participatory Action Research (Par). Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 74–81.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Opet Sarianti, Martin Kustati, Rezki Amelia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.