PENDAMPINGAN BACA TULIS AL-QUR’AN DENGAN METODE TABARAK DI MASJID AT-TAQWA KOTO PANJANG
Keywords:
Metode Tabarak, PendampinganAbstract
Tujuan pendampingan ini ialah untuk mengetahui bagaimana implementasi Metode Tabarak dalam mengahafal Al-Qur’an di Masjid At-Taqwa Koto Panjang, serta untuk mengetahui Bagaimana faktor penghambat dan pendukung dalam menerapkan Metode Tabarak di Masjid At-Taqwa Koto Panjang. Cara ini menggunakan Metode yang efektif dengan cara Teknik pengumpulan data, observasi dan berupa dokumentasi. Sumber data berasal dari guru yang mengajar dengan membimbing menggunakan Metode Tabarak di Lembaga tersebut, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan tersebut memberikan penjelasan sebagai berikut: 1) Di Masjid At-Taqwa Koto Panjang, kegiatan pembelajaran dengan Metode Tabarak untuk menghafal Al-Qur’an di pimpin oleh guru ngaji yang sudah mengikuti pelatihan sebelumnya khusus yang berkaitan dengan pembelajaran Metode Tabarak. Hafalan dilanjutkan dengan audio murotal berupa MP3 yang sudah dibagikan kepada masing-masing anak didik. Media ini juga dapat digunakan untuk kegiatan dirumah Bersama orang tua dan keluarga. Dan kegiatan ini menggunakan media pembelajaran lainnya seperti: speaker, televisi, dan lain-Lain. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajran ini yaitu dengan adanya peran Guru ngaji sebagai pendidik yang menyenangkan bagi anak didik juga memiliki penguasaan hafalan yang baik, fasilitas yang memadai, dan kerja sama yang baik dari seorang guru dalam menghafal Al-Qur’an. 3). Faktor penghambat kegiatan ini ialah kurang fokusnya pada anak didik akibat anak didik bermain di dalam ruangan, anak terlambat, kurangnya pengawasan dari orang tua anak didik di sebabkan kesibukan di luar rumah, dan masih terdapat guru yang belum menguasai. Temuan tersebut memiliki dampak, yang menunjukkan bahwa sistem pembelajan anak didik harus di perkuat oleh guru dan guru ngaji lainnya. Guru ngaji ngaji juga dituntut untuk meningkatkan keterampilan untuk menggunakan strategi dengan menggunakan Metode Tabarak ini.
References
Aida, Hidayah. (2017). “Metode Tahfidz Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini (Kajian Atas Buku Rahasia Sukses 3 Hafidz; Qur’an Cilik Mengguncang Dunia). Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an dan Hadits Vol. 18 No. 1 Januari.
Afandi, A., Lailli, N., & Wahyudi, N. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Dirjen Pendis.
Alhafidz W. Ahsin, 1994 Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an (Jakarta: Bumi Aksara).
Abdul Jalil, 2011 “Metode Menghafal Al-Qur’an” Dalam Suryadi, Dkk, Meraih Prestasi Di Perguruan Tinggi”, (Yogyakarta: Jurusan Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin, Studi Agama Dan Pemikiran Islam Bekerjasama Dengan Penerbit PD Pontren Kemenag RI).
Ida Husnur Rahmawati, Fathin Masyhudi, 2016. “Rahasia Sukses 3 Hafizh Qur’an Cilik Mengguncang Dunia” (Jakarta: Zikrul, 2016)
Faizin Arif Mochamad, 2015, Transformasi Manajemen Pendidikan Pesantren Salafiyah, Jurnal Empirisma Vol. 24.
Muhammad Sakho Ahsin, 2017. Oase Al-Qur’an Penyejuk Kehidupan (Jakarta: PT Qaf Media Kreatif).
N, Putri & Titin, P, G, R, Panjaitan, (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1).
Http://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062.
Rahmawat, F & Masyhud, I. H (2016). Rahasia Sukses 3 Hafidz Qur’an Cilik Mengguncang Dunia. Jakarta: Zikrul.
R, Widiarti, & D, Ma’rufah, (2020), The Effect of Kaisa Method on The Increase of Short Surah Memori-zation for 4-6Year-old-Children. Childood Education Papers, 9(2).
Https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/view/35219
Syafril, s. (2020). PEMBINAAN AKHLAK REMAJA BERBASIS MASJID THAYYIBAHDESA TUMPUK TANGAH KECAMATAN TALAWI. El-Hekam, 4(1), 67.
Https://doi.org/10.31958/jeh.v4i1.2011.
Wawancara dengan Guru Ngaji yenti selaku Guru Ngaji program tahfidz Di Masjid At-Taqwa Koto Panjang, Tanggal 29 Agustus 2023 pukul 15:25.
Wawancara dengan pengurus Masjid At-Taqwa Koto Panjang pada 29 September 2023.
Wiwi, Alawiyah, 2015 Panduan Menghafal Al-Qur’an Super Kilat Step by Step Dan Berdasarkan Pengalaman. Yokyakarta: Diva Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mohamad Tabri, Martin Kustati, Gusmirawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.