PELATIHAN PERENCANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN KONTEKS PERKEBUNAN
Keywords:
Perencanaan Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, Kompetensi GuruAbstract
Perencanaan Kegiatan pembelajaran memiliki dampak penting dalam keberhasilan belajar. Guru dalam hal ini berperan penting dalam menyusun perencanaan kegiatan pembelajaran. Masih banyak kendala yang ditemui guru dalam menyusun rencana kegiatan pembelajaran yang berpusat padda peserta didik. Tujuan dari pengabdian ini untuk meningkatkan pemahaman guru dalam menyusun perencanaan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sesusai dengan prinsip pembelajraan dan asesmen. Tujuan kegiatan ini meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun perencanaan kegiatan belajar dengan menggunakan konteks perkebunan Pagaralam yang memiliki dampak pada hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan menggunakan 4 tahapan, identifikasi, perencanaan, pelaksanaan, refleksi dan evaluasi. Hasil kegiatan ini memiliki dampak positif meningkatnya kemampuan guru terlihat dari hasil pre test dan post test serta kegiatan refleksi yang sudah baik dari para peserta.
References
Asnidawati, ‘KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SD NEGERI 004 SUNGAI MANAU’, Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3.5 (2019), 1120–28
Febrina, Febi & Hajidin, Mahmud, ‘KOMPETENSI GURU DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI SDN 2 BANDA ACEH Febi Febrina, Hajidin, Mahmud’, 1 (2016), 40–50
Fibra, Nadya Pradiva &, and Junaidi Indrawadi, ‘Kendala-Kendala Dalam Penyusunan Dan Pelaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Program Merdeka Belajar’, Journal of Education, Cultural and Politics, 1.2 (2021), 70–76
Hasanuddin, Muhammad Idris, ‘PENGETAHUAN AWAL ( PRIOR KNOWLEDGE ) : KONSEP DAN IMPLIKASI DALAM PEMBELAJARAN’, Jurnal Edukasi Dan Sains, 2.2 (2020), 217–32
Iqbal, Muhammad, Arya Winanda, Dwika Hanum Sagala, Utia Rahmadani, and Ar Hasibuan, ‘Peran Guru Dalam Kebijakan Merdeka Belajar Dan Implementasinya Terhadap Proses Pembelajaran Di SMP Negeri 1 Pancur Batu’, 05.03 (2023), 9299–9306
Kanza, Mutia;, and M; Suparno Hosnan, ‘STUDI PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PAIKEM PADA SISWA KELAS II DI SDN SEROJA’, PRIMARY: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 10.3 (2021), 689–95
Nuriana, Dodi, Iin Rizkiyah, Lukman Efendi, and Herry Wibowo, ‘GENERASI BABY BOOMERS ( LANJUT USIA ) DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4 . 0’, 2 (2019), 32–46
Revita, Yuni; Suci, Frisnoiry; Gita, Noveri Eza, ‘PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL KONDISIONAL PEMBELAJARAN LURING TRAINING’, INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4.2 (2020), 312–20
Wahyuni, Anggi Putri, Audi Reyhan, Anjani Purba, and Hamidah Farhani Rangkuti, ‘PERAN GURU DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN Di MI YAYASAN PERGURUAN ISLAM AL-HASANAH’, 7.1 (2022), 2014–18
Yamin, M., & Syahrir, S., ‘PEMBANGUNAN PENDIDIKAN MERDEKA BELAJAR (TELAAH METODE PEMBELAJARAN)’, Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6.1 (2020), 126–36
Yusuf, Bistari basuni, ‘Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif’, Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 1.2 (2018), 13–20
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Chika Rahayu, Irma Sendy Aristya, Yadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.