MERAJUT KEKUATAN DIRI ANAK DAN REMAJA MELALUI PENDEKATAN KONSELING PERSON-CENTERED

Authors

Keywords:

Children and Adolescents, Guidance and Counseling Teachers, Person-Centered Counseling

Abstract

Kegiatan pengabdian ini berupa penyuluhan pada guru-guru bimbingan dan konseling yang berada di bawah naungan Wahdah Islamiyah. Kegiatan yang direncanakan berupa pengenalan pendekatan konseling person centered bagi anak dan remaja. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan guru-guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi permasalahan anak dan remaja di sekolah. Kegiatan pengenalan teknik konseling person centered menggunakan metode penyuluhan dan diskusi yang dilaksanakan secara daring. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu guru-guru bimbingan dan konseling memiliki wawasan yang memadai dalam menggunakan teknik konseling person centered dalam mengatasi permasalahan anak dan remaja di sekolah.

References

Aprila, A., Lestari, L. P. S., Suranata, K., & Juhan, S. (2022). The personal-centered counseling approach foster student-learning independence. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 10(4), 638-647. https://doi.org/10.29210/186000.

Hidayah, A. A. F., Adawiyah, R. A., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(2), 53–56. https://doi.org/10.33319/sos.v21i2.61

Hikmat., Hermawan, E., Aldim., & Irwandi (2020). Efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19: Sebuah survey online. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ningsafitriyah, U. W., Maulida, T. R., Pristianti, E., & Wardani, S. Y. (2019). Efektivitas layanan konseling kelompok dengan pendekatan PCT untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 2(1), 100-106. DOI: 10.31960/ijolec.v2i1.213

Oktavian., Riskey., Aldya., Fitra, R. (2020). Efektivitas pembelajaran daring terintegrasi di era pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129-135.

Ridha, A. A., & Idham, A. F. (2020). Efektivitas konseling dengan pendekatan client centred therapy untuk meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar. Insight: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, 16(2), 265-279. https://doi.org/10.32528/ins.v16i2.1984

Sunhaji. (2013). Konsep pendidikan orang dewasa. Jurnal Kependidikan, 1(1), 1-11.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

A. Ahmad Ridha. (2023). MERAJUT KEKUATAN DIRI ANAK DAN REMAJA MELALUI PENDEKATAN KONSELING PERSON-CENTERED. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(06), 1367–1373. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/256