MERAJUT KEKUATAN DIRI ANAK DAN REMAJA MELALUI PENDEKATAN KONSELING PERSON-CENTERED
Keywords:
Children and Adolescents, Guidance and Counseling Teachers, Person-Centered CounselingAbstract
Kegiatan pengabdian ini berupa penyuluhan pada guru-guru bimbingan dan konseling yang berada di bawah naungan Wahdah Islamiyah. Kegiatan yang direncanakan berupa pengenalan pendekatan konseling person centered bagi anak dan remaja. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan guru-guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi permasalahan anak dan remaja di sekolah. Kegiatan pengenalan teknik konseling person centered menggunakan metode penyuluhan dan diskusi yang dilaksanakan secara daring. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu guru-guru bimbingan dan konseling memiliki wawasan yang memadai dalam menggunakan teknik konseling person centered dalam mengatasi permasalahan anak dan remaja di sekolah.
References
Aprila, A., Lestari, L. P. S., Suranata, K., & Juhan, S. (2022). The personal-centered counseling approach foster student-learning independence. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 10(4), 638-647. https://doi.org/10.29210/186000.
Hidayah, A. A. F., Adawiyah, R. A., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(2), 53–56. https://doi.org/10.33319/sos.v21i2.61
Hikmat., Hermawan, E., Aldim., & Irwandi (2020). Efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19: Sebuah survey online. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Ningsafitriyah, U. W., Maulida, T. R., Pristianti, E., & Wardani, S. Y. (2019). Efektivitas layanan konseling kelompok dengan pendekatan PCT untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 2(1), 100-106. DOI: 10.31960/ijolec.v2i1.213
Oktavian., Riskey., Aldya., Fitra, R. (2020). Efektivitas pembelajaran daring terintegrasi di era pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129-135.
Ridha, A. A., & Idham, A. F. (2020). Efektivitas konseling dengan pendekatan client centred therapy untuk meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar. Insight: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, 16(2), 265-279. https://doi.org/10.32528/ins.v16i2.1984
Sunhaji. (2013). Konsep pendidikan orang dewasa. Jurnal Kependidikan, 1(1), 1-11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 A. Ahmad Ridha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.