PELATIHAN GURU UNTUK MASA DEPAN: MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL DI KELAS SEBAGAI KUNCI SUKSES PENDIDIKAN ABAD 21
Keywords:
Kecerdasan Emosional, Masa Depan, Pelatihan GuruAbstract
Abad ke-21 menuntut perubahan dalam pendekatan pendidikan, dengan fokus pada pengembangan kecerdasan emosional (EQ) di kelas. Pelatihan guru menjadi krusial dalam konteks ini, menargetkan peningkatan kemampuan mereka untuk mengidentifikasi, memahami, dan mengelola emosi siswa, serta emosi mereka sendiri. Penelitian ini menggali metode pelatihan yang efektif untuk meningkatkan EQ guru, yang pada gilirannya akan memfasilitasi lingkungan belajar yang lebih empatik dan produktif. Melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif, studi ini mengamati dampak pelatihan EQ pada guru dan murid, serta efeknya terhadap prestasi akademik dan kesejahteraan psikososial. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam interaksi kelas, pengelolaan konflik, dan motivasi belajar siswa. Studi ini menegaskan bahwa pelatihan EQ bagi guru bukan hanya meningkatkan iklim kelas, tetapi juga merupakan kunci sukses pendidikan di abad 21. Dengan meningkatnya pengakuan akan pentingnya kesehatan mental dan kecerdasan emosional dalam pendidikan, penelitian ini menyoroti bagaimana pelatihan EQ dapat secara integral menyatukan aspek-aspek ini ke dalam kurikulum dan pedagogi. Pelatihan ini membekali guru dengan strategi intervensi proaktif untuk mengatasi masalah emosional dan perilaku di kelas, sekaligus memberikan mereka alat untuk mempromosikan keterampilan sosial dan emosional siswa. Ini termasuk pelajaran tentang empati, pengaturan diri, dan komunikasi efektif. Selain itu, studi ini mengeksplorasi bagaimana pelatihan EQ berkontribusi pada pengembangan kepemimpinan guru dan bagaimana hal itu mempengaruhi iklim sekolah secara keseluruhan. Temuan mengindikasikan bahwa guru yang terlatih dalam EQ cenderung menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan mendukung, yang penting untuk menangani keanekaragaman dalam ruang kelas modern. Kesimpulannya, pelatihan ini menggarisbawahi pentingnya pelatihan kecerdasan emosional bagi guru sebagai alat penting untuk menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21. Melalui pengembangan EQ, guru dapat lebih efektif dalam mengajar, membimbing, dan mendukung siswa, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
References
Aspi, M., & Syahrani. (2022). Profesionalisme Guru dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba : Journal of Education, 2(1), 64–73.
Ismail, S., Suhana, & Hadiana, E. (2020). Kompetensi Guru Zaman Now Dalam Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. Atthulab: Islamic Religion Teaching & Learning Journal, 5(2), 198–209.
Khodijah, S. (2018). Telaah Kompetensi Guru di Era Digital dalam Memenuhi Tuntutan Pendidikan Abad-21. Journal of Islamic Education Policy, 3(2), 67–78.
Naila, I., Ridlwan, M., & Haq, M. A. (2021). Literasi Digital Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar: Analisis Konten Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 7(2), 116–122.
Rohmah, N. (2019). Literasi Digital Untuk Peningkatan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Awwaliyah: Jurnal Pgmi, 2(2), 128–134.
Mudarris, Badrul, 2022. Profesionalisme Guru di Era Digital; Upaya Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan, https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/alsys, Volume 2, Nomor 6, November 2022; 712-731.
Rahmi, Annisa, 2021. Kecerdasan Guru Masa Depan: Intelektual, Emosional, dan Spiritual, DOI:10.31219/osf.io/xpvmc.
https://gurubelajar.id/urgensitas-meningkatkan-kecerdasan-emosional-guru/#:~:text=,saja%20hal%20ini%20sangatlah%20penting, diakses pada tanggal 09 Agustus 2023.
https://edumasterprivat.com/kecerdasan-emosional-seorang-guru/amp/#:~:text=,positif%20dan%20mendekatkan%20kepada, diakses pada tanggal 09 Agustus 2023
https://wartaguru.id/meningkatkan-kecerdasan-emosional-peserta-didik/#:~:text=,permasalahan%20dengan%20tenang%20dan, diakses pada tanggal 09 Agustus 2023
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muftihaturrahmah Burhamzah, Lely Novia, Asriati, Syarifah Fatimah, Alamsyah Alam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















