IMPLEMENTASI PEMBANGUNAN PENDIDIKAN ANAK SUKU TOGUTIL DI DESA BABURINO, KABUPATEN HALMAHERA TIMUR

Authors

  • Jeane Talakua Universitas Pattimura
  • Rukoyah Universitas Pattimura

Keywords:

Implementasi, Pembangunan, Pendidikan, Kehidupan Suku Togutil

Abstract

Pengabdian masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas. Kegiatan pengabdian yang kami lakukan pada Masyarakat Suku Togutil Di Desa Baburino, Halmahera Timur.  Suku Togutil juga merupakan salah satu komunitas etnik yang masih memegang tradisi hingga saat ini. Sehingga mereka mengalami ketertinggalan dalam pencapaian pemenuhan kebutuhan hidup sebagai manusia, salah satunya adalah Pendidikan. Faktor keterpencilan ini juga menyebabkan suku Togutil tidak menjadi bagian dari proses pembangunan sebagaimana masyarakat pada umumnya. Sehingga tujuan pengabdian ini untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat Desa Baburino terkhusus melihat tantangan, hambatan, solusi dan peluang dari Pembangunan Pendidikan bagi anak-anak suku Togutil yang tinggal di Desa Baburino. Dengan adanya kegiatan ini akhirnya dapat kita simpulkan dan memberikan beberapa hal penting untuk menjadi rekomendasi upaya perbaikan pembangunan pendidikan anak-anak suku Togutil.  Pertama,  kebiasaan belajar anak dalam keluarga suku Togutil di Desa Baburino disesuaikan dengan kondisi budaya, lingkungan serta keyakinan Masyarakat. Kedua, Minimnya pengetahuan dan pemahaman orangtua tentang pendidikan berdampak pada kebiasaan belajar anak dalam membaca, menulis , dan berhitung. , tidak ada fasilitas sarana dan prasarana serta tenaga guru yang dibangun di Desa Baburino yang dibangun oleh pemerintah hanya sebatas rencana. Ketiga, Anak-anak usia sekolah harus menempuh Pendidikan dengan jarak yang begitu jauh, salah satu faktor yang mempengaruhi minat sekolah pada anak-anak Suku Togutil. Keempat, Social capital yang dimiliki oleh sebagian orang tua yaitu motivasi yang terus mendukung kehidupan Pendidikan anak-anak suku Togutil agar dapat memperbaiki diri dan masa depan. Melalui pengabdian ini, saran kami kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Timur sebagai pengambil kebijakan untuk dapat menyediakan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan di Desa Baburino. Selain itu, pemerintah harus mampu menyediakan sumber daya guru yang sesuai dan dapat membantu pelaksanaan program Pendidikan bagi anak-anak suku yang dapat menyesuaikan dengan kondisi budaya setempat. Selanjutnya kepada Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur agar dapat menyediakan pemukiman yang layak bagi masyarakat suku Togutil.

References

Ahmad Sihabudin (2007). Komunikasi Antarbudaya Satu Perspektif MultiDimensi. Serang. Diterbitkan Oleh: Departemen Ilmu Komunikasi. FISIP-Untirta.

Anggoro, T. (2017). Kajian Hukum Masyarakat Hukum Adat dan HAM Dalam Lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia, 487–498.

Arcaro, Jerome. (2001). Pendidikan Berbasisi Mutu Prinsip-Prinsip dan Tata Langkah Penerapan. Jakarta: Grafindo

Damayanti, Whanty. 2006. Peranan Pemerintah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Anak Didik Pada Lembaga Pendidikan Swasta Di Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara. Program Studi Ilmu Pemerintahan: UniversitasH asanuddin.

Hasbullah. 2010. Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. Rajawali Pers: Jakarta.

I Nyoman T.A. (2017). Memahami Peran Masyarakat Dan Pemerintah Dalam Kemajuan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Mutu 3(2): 197-205

Lexy J. Maleong. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mudyahardjo, Redja. 2012. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di indonesia .Rajawali Pers: Jakarta

Martodirdjo, H. S. (1996). A Changing Tugutil of Halmahera, Indonesia: Twofold Studies For Further Research.

Nugroho, A. 2016. Inilah 5 Tradisi Berburu yang Masih Dipraktikkan Suku-Suku di Indonesia, (Online), (http://www.boombastis.com/tradisi-berburu-indonesia/69661), diakses April 2023.

Paputungan, K. 2015. Kurangnya Perhatian Orangtua terhadap Pendidikan Anak, (Online). http://www.kompasiana.com/kartikapaputungan/kurangnya-perhatian-orang-tua-terhadap-pendidikananak_564a6a9b757a6109052640f2), diakses April 2023.

Ridwan, M., Achmad F & I Komang A. 2016. Internalisasi Kearifan Lokal Sebagai Faktor Pengembangan Karakter. Prociding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling: Mewujudkan Generasi Berprestasi yang Berkarakter melalui Peningkatan Faktor-Faktor Non Kognitif. 16 (1): 421. Malang: Universitas Negeri Malang.

Romadona, A & Sihkabuden. 2014. Hubungan Tingkat Pendidikan Orangtua, Bimbingan Belajar, dan Tingkat Kecerdasan (Iq) dengan Kemampuan Bina Diri bagi Siswa Tunagrahita. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, (Online), (http://journal.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/5283), diakses Mei 2023.

Downloads

Published

2023-10-20

How to Cite

Jeane Talakua, & Rukoyah. (2023). IMPLEMENTASI PEMBANGUNAN PENDIDIKAN ANAK SUKU TOGUTIL DI DESA BABURINO, KABUPATEN HALMAHERA TIMUR. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(05), 1287–1297. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/238