PKM BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MELALUI PELATIHAN KURIKULUM MERDEKA JALUR MANDIRI BERUBAH
Keywords:
Pelatihan, kurikulum Merdeka, Mandiri berubahAbstract
Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bagi kepala sekolah dilaksanakan dalam bentuk kegiatan pelatihan penerapan kurikulum merdeka belajar bagi guru sekolah menengah kejuruan (SMK) dalam implementasi mandiri berubah di Sulawesi Barat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi guru sekolah menengah kejuruan (SMK) dalam meningkatkan kemampuan memahami implementasi kurikulum merdeka belajar dalam jalur mandiri berubah. Kegiatan pelatihan ini menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Pelaksanaan pelatihan ini membantu guru SMK memahami materi yang diberikan dan membantu guru sekolah memahami kurikulum merdeka belajar dalam pelaksanaannya di sekolah masing-masing. Peserta pelatihan adalah guru-guru sekolah menengah kejuruan (SMK) di Sulawesi Barat, khususnya Polewali Mandar. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa pemahaman guru SMK sebelum pelatihan dalam kategori kurang paham dan setelah pelatihan hasilnya menunjukkan bahwa guru sudah mengerti dan memahami materi yang diberikan dalam kegiatan pelatihan karena materi ini dilengkapi dengan latihan untuk memahami implementasi kurikulum merdeka belajar sehingga kendala guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar jalur mandiri berubah.
References
Angga, cucu suryana, ima nurwahidah, Dkk. 2022. "Jurnal Basicedu." Jurnal Basicedu 6 (4): 5877–89. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230.
Angga, Angga, Cucu Suryana, Ima Nurwahidah, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. 2022. “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Kabupaten Garut.” Jurnal Basicedu 6 (4): 5877–89. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149.
Anridzo, Abdul Khafid, Imron Arifin, and Dwi Fitri Wiyono. 2022. “Implementasi Supervisi Klinis Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6 (5): 8812–18. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3990.
Daga, Agustinus Tanggu. 2021. “Makna Merdeka Belajar Dan Penguatan Peran Guru Di Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7 (3): 1075–90. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279.
Fitriyah, Chumi Zahroul, and Rizki Putri Wardani. 2022. “Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 12 (3): 236–43. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243.
Jamjemah, Djudin Tomo, Erlina, and Agung Hartoyo. 2022. “Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN Pendahuluan Guru Merupakan Peran Strategis Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Kelas . Tidak Sedikit Yang Beranggapan Bahwa Tugas Guru Itu Mudah , Hanya Mengajar Da.” Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa 8 (2): 119–27.
Mawati, Arin Tentrem, and Opan Arifudin. 2023. “Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar” 1 (1): 69–82.
Nasution, Suri Wahyuni. 2021a. “PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: Https://Journal.Mahesacenter.Org/Index.Php/Ppd/Index Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 1 (1): 135–42. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181.
———. 2021b. “PROSIDING PENDIDIKAN URL: Https://Journal.Mahesacenter.Org/Index.Php/Ppd/Index Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 1 (1): 135–42. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181.
Sunarni, and Hari Karyono. 2022. “Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Journal on Education 5 (02): 1619–21. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/796.
Suryaman, Maman. 2020. “Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.” Prosiding Seminar Daring Nasional : Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wahira, Hasan, Abdul Hamid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.