PKM PENDAMPINGAN SD IT BINA INSANI MUSLIM; INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS
Keywords:
Integrasi Nilai –Nilai Islami, Pembelajaran Bahasa Inggris, Kegiatan PkMAbstract
Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mendukung integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas V untuk mendukung Kurikulum Merdeka di SD IT Bina Insani Muslim Jatimulya di Tambun Selatan Bekasi. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pendidikan bahasa Inggris tidak hanya mempertimbangkan aspek linguistik, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai moral, etika, dan budaya Islam dalam proses pembelajaran. PkM ini diadakan di SD IT Bina Insani Muslim Jatimulya Tambun Selatan Bekasi selama dua hari, mulai tanggal 2 -3 September 2023. Peserta adalah 28 siswa dari kelas V SD IT Bina Insani Muslim. Hasil dari kegiatan ini adalah pembuatan satu draft materi bahasa Inggris untuk kelas lima yang menggabungkan nilai-nilai Islam dengan fokus pada kemampuan membaca dan berbicara. Selain itu, persepsi siswa/siswi terhadap integrasi nilai-nilai Islam dalam materi ajar Bahasa Inggris yang diperoleh melalui angket menunjukkan hasil yang positif. Pada akhirnya, kegiatan ini diharapkan bisa memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas Kurikulum Merdeka di level SD IT Bina Insani Muslim Jatimulya Tambun Selatan Bekasi
References
Ahmad Sakrani. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Mi Al-Islamiyah Bebidas. Al-Mujahidah, 4(1), 70–81. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v4i1.72
Anwar, Z., & Jannah, R. (2023). Zainul Anwar, Raudlatul Jannah / Telaah Kurikulum 13 dan Kurikulum Merdeka di SD/MI 151. Mentari; Journal of Islamic Primary School, 1(3), 151–162.
Eliya, I., & Ta, A.-. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Narasi Berbasis Nilai- Nilai Islami Untuk Siswa MTs di Kabupaten Pemalang A . Pendahuluan Internalisasi nilai-nilai islami dalam kehidupan peserta didik makin berkurang ( Hakim , Surana , Hal-hal yang menyebabkan berku. 18(2), 337–348.
Elkarimah, M. F. (2017). Strategi Pendidikan Agama Islam pada Pembelajaran Akidah “Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Aliran Sesat.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 105–113. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1729
Elkarimah, M. F. (2019). Manajemen Pendidikan di Rumah Qur’an SDIT Bina Insani Muslim Jatimulya Bekasi. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(3). https://doi.org/10.30998/sap.v3i3.3599
Saputra, A., Hakim, M. A. R., Kurniawan, Y. S., Astari, A. R. N. &, Rahmanita, U., Saputra, A., Arif, M., Hakim, R., Kurniawan, Y. S., Riska, A., Astari, N., & Rahmanita, U. (2022). Penggunaan Model ASSURE Dalam Pengembangan Video Animasi Pengajaran Bahasa Inggris 2D Berbasis Studi Islam untuk Siswa Raudhatul Athfal. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 23–34. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia
Saud, I. W., Halimah, N., & Saini, F. (2023). Pelatihan Integrasi Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di MTs / SMP Kota Bitung. 5(2), 1054–1059.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Zalisman. (2020). Integrasi Pendidikan Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan Islami Terhadap Santri Pondok Pesantren. An-Nida, 44(2), 152–163.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mia Fitriah El karimah, Leni Tiwiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.