PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING PADA BATIK KHAS DESA PAGERUKIR MELALUI SOSIAL MEDIA
Keywords:
Digital marketing, Sosial Media, BatikAbstract
Kegiatan pendampingan digital marketing merupakan proses dimana kami memberikan bimbingan dan dukungan kepada UMKM yang bergerak dalam industri batik untuk mengembangkan dan mengoptimalkan strategi pemasaran mereka secara online. Tujuannya untuk membantu produsen batik memanfaatkan potensi digital untuk mempromosikan produk mereka, menjangkau target pasar yang lebih luas, dan akhirnya meningkatkan penjualan produk batik. Pengabdian masyarakat di Desa Pagerukir Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo dilakukan melalui pelatihan digital marketing. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Bahwa penggunaan media sosial terhadap penjualan sangat berpengaruh terhadap kemudahan melakukan promosi serta interaksi dengan pelanggan. Dengan penggunaan teknologi digital memungkinkan UMKM untuk memperkuat branding mereka. Dengan strategi pemasaran yang tepat, Batik Khas Pagerukir dapat menyampaikan nilai-nilai merek mereka kepada konsumen melalui konten digital yang menarik dan kreatif. Dengan pemanfaatan instagram diharapkan dapat mempermudah UMKM Batik pagerukir untuk melihat dan mengamati interaksi masyarakat melalui insight instagram. Efek yang sangat dirasakan justru terjadi pada interaksi-interaksi pengguna Instagram yang terekam di Instagram pribadi pelaku usaha, dimana para followers akun tersebut mulai mencari tau mengenai produk batik yang ditawarkan oleh pelaku usaha. Pendampingan digital marketing pada UMKM batik yang berharga untuk meningkatkan kesuksesan bisnis di era digital. Dengan memanfaatkan teknik-teknik pemasaran online yang sesuai, UMKM batik dapat menghubungkan dengan pelanggan yang lebih luas, menjaga keberlanjutan warisan budaya, dan membangun bisnis yang berkelanjutan.
References
Aulia, R. (2021). Pengaruh pertumbuhan umkm terhadap pertumbuhan ekonomi di ponorogo periode 2013-2017 skripsi. 1–75. http://etheses.iainponorogo.ac.id/13378/1/210716082_Rizka Aulia_Ekonomi Syari%27ah.pdf
Heriana, T., & L, A. O. (2023). Pendampingan Pemasaran Digital Batik Mariana Ponorogo Melalui Website Dan Sosial Media. 4(2), 3498–3507.
Maylinda, W. D., & Rusdianto, R. Y. (2023). Optimalisasi Pengembangan UMKM “Kiara Snack” Melalui Pendampingan Digital Marketing Dan Branding Di Desa Musir Lor, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pelayanan Hubungan Masyarakat, 1(3), 45–53.
Nuraini, H., Avi, R., Azizah, N., & Jordi, M. R. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Media Sosial Instagram Guna Meningkatkan Segmentasi Pasar Pada UMKM Batik New Colet Jombang. 1(2), 270–276.
Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2021). Penggunaan digital marketing untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47.
Rafikayati, A., Badiah, L. I., Liwun, M. J., Tena, M. W., Amelia, R., & Kusuma, Y. A. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM Disablitas Trenggalek. SNHRP, 1485-1490.
Kamil, I., Bakri, A. A., Salingkat, S., Ardenny, A., Tahirs, J. P., & Alfiana, A. (2022). Pendampingan UMKM melalui Pemanfaatan Digital Marketing pada Platform E-Commerce. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 517-526.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Frensiska Nur Saputri, Mey Ernanda Putri Setyawidyastuti, Adelia Dwi Cahyani, Doni Setiyawan, Saiful Nurhidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















