PENINGKATAN STRATEGI PEMASARAN CERIA TOUR AND TRAVEL BATAM

Authors

  • Fendi Hidayat Universitas Batam
  • Yoga Fitriana Universitas Batam
  • Sultan Septian Universitas Batam

Keywords:

Digital Marketing, Website, Tour And Travel

Abstract

Munculnya jasa tour dan travel pada saat ini membuat masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan jasa – jasa di tour and travel , Kebutuhan jasa juga di ikuti dengan kebutuhan terhadap kualitas pelayanan, guna memberikan layanan yang berkualitas dibutuhkan komunikasi yang tepat terhadap para pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi – strategi apa saja yang dilakukan Customer Relations dalam meningkatkan kepuasan pelanggannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di tour and travel terdekat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi interpersonal yang digunakan pada Tour dan Travel dalam meningkatkan kepuasan adalah dengan Customer Relations eksternal dan Customer Relations internal dalam menangani konsumen baik di dalam maupun luar.

References

Puspita, D., Anggraeni, L., Khumaidi, A., & Wati, R. (2023). SOSIALISASI PEMASARAN PRODUK MELALUI ( INTERNET MARKETING) PADA UMKM. Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 155–160.

Shereen, Juniarty, S., Gunadi, J., Sentoso, A., & Milano, Lady. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Digital pada UMKM Batam Indo Keramik. Social Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02. https://doi.org/10.37253/se.v1i3.7738

Sugita, I., Falaq Qodri, Z., Qandyas, M., Sukresna, M., Tulloh, M. F., Kampus, W. H., & Selatan, T. (2021). Pemantapan Strategi Pemasaran UMKM Kepada Masyarakat Dalam Persaingan Digital Marketing Di Kelurahan Cipondoh Makmur. Dibrata Jurnal, 2(1), 81–90.

Suhendar, D., & Suhardi, D. (2018). Optimalisasi Pengelolaan Usaha Kecil Menengah (Ukm) Kerupuk Dorokdok Desa Cibingbin Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(02), 45–52. https://doi.org/10.25134/empowerment.v1i02.1573

Sule, M. I. S., & Siswanto, S. Y. (2021). Peningkatan Kapasitas dan Kemampuan Bisnis Online: Studi Kasus Makeupuccino. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 51–58. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2627

Downloads

Published

2023-10-20

How to Cite

Fendi Hidayat, Yoga Fitriana, & Sultan Septian. (2023). PENINGKATAN STRATEGI PEMASARAN CERIA TOUR AND TRAVEL BATAM. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(05), 1222–1229. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/225